PEMBERDAYAAN KOMUNITAS MELEK JAMBAN SEHAT MENUJU DESA ODF DI DESA PUCAK KAB. MAROS

Ayu Puspitasari, Nurfachanti Fattah, Didit Fachri Rifai

Abstract


Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi setiap orang di masyarakat tidak buang air besar sembarangan, dan pembuangan tinja yang tidak lancar berdampak signifikan terhadap penularan penyakit lingkungan, sehingga untuk memutus mata rantai penularan ini, akses ini harus direkayasa. Desa Pucak adalah salah satu desa di Kecamatan Tompobulu Kab. Maros yang menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan local. Dari segi sanitasi, masyarakat di Puka masih menggunakan “WC terbuka”, lokasinya berada di kebun, tepi sungai dan persawahan. Pencemraran tanah dapat timbul akibat buang air besar sembarangan. Tujuan pengabdian masyarakat ini agar Desa Pucak dapat menjadi desa ODF dengan memberdayakan masyarakatnya. Metode yang digunakan berupa edukasi dan pelatihan bagaimana langkah yang harus ditempuh menuju desa ODF beserta pembuatan jamban sehat percontohan. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat sebanyak 42,5%, dibangunnya sebuah jamban sehat percontohan sebagai acuan pembuatan jamban sehat lainnya dan terbentuknya komunitas melek jamban sebagai kelompok yang akan mengawal desa Pucak mencapai desa ODF.


Keywords


ODF, Jamban Sehat, Sanitasi

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Ditjen PP & PL Kemenkes RI. 2013. Informasi Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta: Kementrian Kesehatan, Republik Indonesia Direkorat Jenderal Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan.

WHO/UNICEF. 2010. Progress on Sanitation and Drinking-water: 2010 Update. Geneva: WHO 2010. p. 22 – 52

Mukherjee N. 2011. Factors Associated with Achieving and Sustaining Open Defecation Free Communities: Learning from East Java. Water and Sanitation Program. 2011:1 - 8.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Pedoman Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Pedoman STBM) Departemen Kesehatan, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3459-3464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.