PENGOLAHAN MINYAK PLIEK UE MENJADI MINYAK GORENG SEHAT MELALUI PENERAPAN TEKNIK FILTRASI DAN ADSORBANSI KARBON AKTIF SEBAGAI PRODUK USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA BAGI MASYARAKAT

Rahmatul Fajri, Puji Wahyuningsih, Beni Al Fajar

Abstract


Tingginya harga minyak goreng telah mengakibatkan tergaggunya mata pencaharian sebagian besar ibu-ibu warga Desa Gampong jalan kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh timur yang mayoritas bermatapencaharian sebagai pedagang gorengan. Selain itu, penggunaan minyak goreng secara berulang sangat tidak baik bagi kesehatan, seprti kerusakan terhadap organ dalam dan berisiko terkena kanker, karena minyak goreng telah bersifat karsinogen. Pada dasarnya ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memperoleh minyak goreng yang lebih sehat dan ekonimis. Salah satu metode tersebut adalah dengan cara tradisonal, yaitu memperoleh minyak dari kelapa yang telah melalui proses fermentasi secara alami. Metode yang digunakan ini terbilang cukup lama dan minyak yang dihasilkan memiliki aroma yang sangat khas namun kaya manfaat dan sangat baik bagi kesehatan. Minyak yang diperoleh biasanya disebut dengan “minyak Pliek Ue”. Minyak khas Aceh ini (minyak pliek Ue) merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kelangkaan minyak dan dapat digunakan sebagai minyak goreng yang sehat. Proses penerapan teknik pemisahan sederhana dapat diterapkan dalam proses pemurnian minyak pliek menjadi minyak goreng yang sehat  menggunakan teknik filtrasi sederhana dengan metode adsorbsi karbon aktif. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mampu mengolah minyak pliek ue dengan cara filtrasi dan adsorbsi dengan arang aktif dari tempurung kelapa secara mandiri dan berkelompok, masyarakat mampu menghasilkan produk olahan rumah tangga berupa minyak goreng berbahan dasar minyak pliek Ue hasil filtrasi yang aman dikonsumsi dan bernilai jual, serta lahirnya kelompok wirausahawan baru dalam bentuk kelompok industri rumah tangga.


Keywords


Minyak goreng, minyak pliek ue, arang aktif.

Full Text:

PDF

References


Zahrul, F dan S. Wahyuni, Upaya Peningkatan Kualitas Usaha Minyak Kelapa (Pliek U) Dengan Pemanfaatan Teknologi Arang Aktif Tempurung Kelapa Di Desa Jangka Alue U Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen in Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 2015, no. ISBN: 978-602- 17129-5-5.

Nurliana, M. Sudarwanto, L. Sudirman, and A. Sanjaya, Prospek Makanan Tradisional Aceh sebagai Makanan Kesehatan. Forum Pascasarj., vol. 32, no. 1, pp. 1–10, 2009.

Samsul, B, Tepung Lengkuas Sebagai Adsorber Untuk Meningkatkan Mutu Minyak Kopra. J. Teknol. Kim. Unimal, vol. 2, no. November, pp. 49–62, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3695-3700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.