PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI METODE PENYULUHAN DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI DESA BAGAN KUALA KECAMATAN TANJUNG BERINGIN

Anna Tasya Putri, Herlisa Suhada, Muflih Khairul Ibad Rangkuti, Rini Deby Astria Lubis, Windy Afrida, Utami Dewi

Abstract


Belakangan, ini stunting menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Saat ini ,penanggulangan stunting masih terus di upayakan pemerintah. Salah satu upaya dalam pencegahan stunting yaitu dengan cara promosi, pendidikan atau penyuluhan kesehatan. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan stunting yang dilaksanakan oleh tim pengabdia KKN 150 Uinsu.Metode dalam kegiatan ini yaitu berupa penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah. Hasil dari kegiatan ini yaitu Bahwa penyuluhan dapat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman peserta, pengaruh yang signifikan serta bermakna. Terjadi peningkatan pemahaman kategori tinggi pada peserta sebanyak 32,5% dan tingkat pemahaman menengah peserta sebanyak 2,5% dan pada pemahaman responden kategori rendah  mengalami penurunan yaitu menjadi 10%.Pada kegiatan ini dapat ditekankan bahwa penyuluhan yang dilaksakan dapat membawa perubahan peningkatan pemahaman peserta. Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini dapat merubaah perilaku serta meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pencegahan stunting

Keywords


stunting,penyuluhan,pencegahan

Full Text:

PDF

References


Hairudin La Patilaiya, H. R. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat .

Ira Nurmala, F. R. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Risnah, M. I. (2021). Penyuluhan Kesehatan Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Keluarga Tentang Stunting. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas.

Rumra, A. R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Posyandu Balita Untuk Mencegah Stunting. In Prosiding Seminar Nasional Sexophone.

Silpia, F. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Stunting (Gangguan Pertumbuhan Pada Anak) di Desa Pancasila Kecamatan Natar Lampung Selatan. Doctoral dissertation,UIN Raden Intan Lampung.

Sulistyaningsih, E. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengatasi Masalah Stunting Dan Kesehatan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa Sukogidri,Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 91-98.

Sulistyaningsih, E. D. (2021). Pembentukan Model Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) Dan Kader Siaga Stunting Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa Sukogidri Jember Dalam Mengatasi Stunting. Jurnal ABDINUS, 344-351.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3175-3182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.