PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMPUTASI MATEMATIKA SISWA MAN 1 BREBES MENGGUNAKAN SOFTAWARE MATLAB MOBILE

M. Taufik Qurohman, Ida Afriliana, Nur Rokhmah

Abstract


Kegiatan yang dilakukan pada kesempatan kali adalah kegiatan pelatihan kepada peserta siswa kelas XI dalam implementasi Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan memiliki beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut : 1) Memberikan pemahaman terkait dengan teknologi yang berkaitan dengan matematika khususnya software matlab mobile kepada siswa MAN 1 Brebes, 2) Hasil PKM ini memberikan pemahaman dapat meningkatkan keterampilan khususnya bidang matematika pada tingkat XI MAN 1 Brebes, 3)Meningkatkan kompetensi siswa terkait dengan keterampilan komputer yang terkait dengan matematika dan bidang lainnya dengan software Matlab Mobile. Kegiatan PKM dalam rangka peningkatan keterampilan ini dilaksanakan di ruang laboratorium komputer di MAN 1 Brebes. Kesimpulan dari hasil Kegiatan yang dilakukan dikesempatan kali ini adalah : 1) Peserta PKM pada hal ini adalah siswa MAN 1 Brebes mengikuti dengan baik, dan memilki hasil akhir keterampilan dalam menggunakan software Matlab Mobile pada materi kelas XI, 2) Peserta dapat mengkombinasika antara kemapuan menggunakan komputasi dengan software Matlab Mobile dan permasalahan dalam matematika khususnya yang terkait dengan materi kelas XI, 3) Peserta mengikuti dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan kompetensi matematika sekaligus menguasai penggunaan teknologi komputasi matematika yang sangat dibutuhkan pada saat digital saat ini.


Keywords


Pelatihan, Komputasi Matematika, Matlab Mobile

Full Text:

PDF

References


Anistyasari, Y., & Hidayati, S. C. (2022). Stimulasi Berpikir Komputasi Melalui Digital Storytelling Menggunakan CoSpaces Edu. 06, 8–13.

David. (n.d.). PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN MEDIA MATLAB.

Eksakta, F. I., Nahdlatul, U., Blitar, U., Eksakta, F. I., Nahdlatul, U., Blitar, U., Eksakta, F. I., Nahdlatul, U., & Blitar, U. (2022). PELATIHAN MATLAB GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTASI. 04, 33–38.

Putu, L., Adnyani, W., Nurul Auliya, R., Ajeng, E., Pinahayu, R., Artikel, I., & Koresponden, A. (2018). APLIKASI MATLAB DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA MATLAB APPLICATION IN DEVELOPMENT MATHEMATICAL LEARNING IN SENIOR HIGH SCHOOL. http://ojs.ekasakti.org/index.php/UJCS

Rachmawati, & Listiani, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komputasi Matematika dan Implementasinya pada Maple Soft untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Jendela Pendidikan, 02(01), 110–116.

Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2403-2407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.