PENERAPAN METODE SELIDIK CEPAT KUALITAS KESUBURAN TANAH DI DESA SUMBER BENING, REJANG LEBONG

Riwandi Riwandi, Hasanudin Hasanudin, Anandyawati Anandyawati

Abstract


Pengetahuan dan informasi petani mengenai kondisi kesuburan tanah lahan yang dibudidayakan sangat terbatas. Hal ini dikarenakan belum berkembangnya metode analisis tanah yang sederhana, murah, mudah, akurat dan efektif untuk dikembangkan. Melalui pogram kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Mandiri tahun 2022, akan dikenalkan kepada masyarakat mengenai metode kualitatif selidik cepat kesuburan tanah kepada kelompok tani Desa Sumber Bening. Kegiatan pengabdian akan dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu : 1)Pelatihan dan praktek metode kualitatif selidik cepat kesuburan tanah dan 2) Pelatihan dan praktek pemupukan berimbang. Tingkat keberhasilan kegiatan diperkirakan sekitar 80% melalui evaluasi kegiatan yang dilakukan dengan membandingkan beberapa parameter saat sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Hasil evaluasi menunjukkan untuk pengetahuan masyarakat tentang metode selidik cepat kesuburan tanah terjadi peningkatan antara sebelum dan sesudah kegiatan PPM terjadi peningkatan sebanyak 80%. Untuk kemudahan praktek selidik cepat kesuburan tanah untuk diaplikasikan terjadi peningkatan sebanyak 65% antara sebelum dan sesudah kegiatan PPM. Peningkatan  juga terjadi untuk minat petani dalam mencoba selidik cepat kesuburan tanah dan kepentingan pemupukan berimbang masing-masing sebesar 55% dan 25%.


Keywords


Kesuburan Tanah, Selidik Cepat, Sumber Bening

Full Text:

PDF

References


Balai Penelitian Tanah. 2004. Perangkat Uji Tanah Sawah. Buku Petunjuk Penggunaan PUTS. Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

Balai Penelitian Tanah. 2011. Perangkat Uji Tanah Kering (Upland Soil Test Kit) Versi 1.0. Buku Petunjuk Penggunaan PUTK. Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

Siswanto. 2006. Evaluasi Sumberdaya Lahan. Surabaya (ID): UPN Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2398-2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.