PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARANBIOLOGI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN
Abstract
Pendidik selama ini belum memanfaatkan media pembelajaran secara ideal dalam mengajarnya, hal ini dikarenakan keterbatasan biaya dan waktu dalam pembuatan media pembelajaran sehingga motivasi guru dalam membuat media efektif, efisien, kreatif berkurang. Maka, mengakibatkan siswa-siswi menjadi tidaktermotivasi dalam belajar dan minat bealajrnya berkurang.Tujuan umum dari pelaksanaan adalah peserta didik dapat memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran yang dapat membantu dalam proses pembelajaran serta dapat mengembangkan kreativitas peserta didik, dan juga dapat menanamkan nilai kepedulian terhadap lingkungan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode PAR (Participatory Action Research). Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Evaluasi dalam kegiatan pengabdian ini diukur dengan menggunakan angket untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran dari barang bekas yang dilakukan, hasil angket respon siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Persentase rata-rata hasil angket respon siswa yaitu sebesar 90% yang menunjukkan pelatihan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran biologi pada sistem pernapasan masuk kedalam kategori yang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran Biologi pada materi sistem pernapasan dapat menjadi salah satu tambahan alternative media pembelajaran untuk membantu pemahaman peserta didik, dapat meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan minat siswa, serta dapat mengedukasi mengenai pentingnya daur ulang sampah plastik untuk melestarikan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 35-49.
Alfiana, I., & Purbawanto, S. (2021). Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Dengan Pemanfaatan Augmented Reality Berbasis Android. Edu Elektrika Journal, 35-41.
Amin, M. A., Indriasih, D., & Utami, Y. (2022). Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Bagi Ibu-Ibu PKK Desa Mejasem Barat, Kecamatan Keramat, Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 35-41.
Azhari, W., Purwanto, AR, F. Y., & Pudail, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Desain Grafis Di Balai Latihan Kerja Komunitas Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19. Logista-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 487-493.
Desimarlina, Y., Juniati, N., Ajizah, E., & Jamaluddin. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA Biologi pada . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 60-67.
Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 88-98.
Midayanti, D. P., Apriliani, D., Sofiyati, E., Novitasari, E., & Indarko, I. (2921). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar. ELEMENTA: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 82-88.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 243-255.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 171-187.
Putri, R. A., & Sembiring, B. S. (2021). Implementasi Aplikasi Desktop Publishing untuk Desain Flyer dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR). J-IbM: Jurnal IPTEK bagi Masyarakat, 1-7.
Rachmadyanti, P., Gunansyah, G., & Subagio, F. M. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif Dari Barang Bekas Bagi Guru-Guru SD Di Kecamatan Wonosalam Jombang Jawa Timur. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 62-71.
Richardo, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 141-151.
Rina, C., Endayani, T., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 150-158.
Sari, P. L., Saragih, S. R., Ansi, R. Y., & Rahayu, S. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Dengan Memanfaatkan Media Bekas Di PAUD AR Rahman. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 57-62.
Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. (2020). Penggunaan Barang BEkas Untuk Media Pembelajaran: Pengalaman guru PAUD. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 63-74.
Soenarko, B., Wiguna, F. A., Putri, K. E., Primasatya, N., Kurnia, I., Imron, I. F., . . . Wahyudi. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS, 96-106.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 43-48.
Telaumbanua, N. A., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 10-20.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2234-2242
Refbacks
- There are currently no refbacks.