STRATEGI PENGUATAN LITERASI INFORMASI UNTUK MEWUJUDKAN GERAKAN MIGECA (MILENIAL GEMAR BACA) MASYARAKAT PADA KARANG TARUNA KELURAHAN NELAYAN INDAH

AL Firah, Dewi Wahyuni, Teuku Syahril Daoed

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini dilatar belakangi jenjang pendidikan di kelurahan nelayan indah adalah mayoritas Sekolah Dasar (SD) memiliki jumlah yang paling banyak sekitar 400 orang, SMP sekitar 300 orang, SMA sebanyak 300 orang, perguruan tinggi sebanyak 15 orang. Rendahnya kemampuan dan pendidikan masyarakat di Kelurahan Nelayan Indah menyebabkan potensi alam yang begitu besar tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga potesi alam tersebut dimanfaatkan oleh pihak luar kelurahan dan masyarakat setempat hanya sebagai pekerja saja. Solusi yang akan ditawarkan melalui Program PkM FEB UNDHAR yang dilaksanakan di Karang Taruna Nelayan Indah yaitu mengadakan pelatihan strategi penguatan literasi informasi bagi pemuda pemudi Karang Taruna Nelayan Indah, bekerja sama dengan lembaga literasi lainnya, membuat akun sosial media untuk membuka donasi buku, penambahan waktu (jam buka) taman baca menjadi 6 (enam) hari dalam seminggu dengan durasi 2 – 3 jam per hari dengan mengkombinasi taman baca menjadi taman untuk belajar/ membaca dan taman bermain, mengadakan permainan edukatif di luar rumah. Metode pelaksanaan yaitu survei awal, identifikasi masalah, analisis kebutuhan, penetapan khalayak sasaran, pengukuran indikator keberhasilan, pelaksanaan program, penyusunan program dan kunjungan keberlanjutan. Hasil pengabdian kepada masyarakat telah terlaksananya sosialisasi strategi penguatan literasi informasi, memberikan media belajar/bermain yang edukatif, kreatif dan variatif,  games edukatif, story telling, menggambar dan mewarnai.Terjalinnya kerja sama dengan Agya Ayla Squad ALMIRA Spirit Nabawiyah Community. Hasil kegiatan ini kegiatan yang lebih bervariasi, kreatif dan edukatif yang dilaksanakan tim PKM UNDHAR, ternyata dapat meningkatkan minat baca dan jumlah anak yang datang ke taman baca. Beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan PKM ini, cukup memberi warna dan semangat baru bagi anak – anak KNI. Upload setiap kegiatan anak-anak saat belajar/ bermain di taman baca ke media social dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak dan pemuda pemudi Karang Taruna.


Keywords


literasi, karang taruna, nelayan indah.

Full Text:

PDF

References


Bahtar, Murni A, Arifah Sasmita, Sri Purnomowati. (2009). Literasi Informasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Pendidikan Non Forma (PNF) di Provinsi DKI Jakarta. Baca, vol.30, no.2.

Departemen Pendidikan Nasional, UndangUndang No. 2/1989, Pasal 4. Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Naskah Akademik Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal, Jakarta.

Guahira. or. id. Minat Baca di Indonesia Buruk. 21 Oktober 2007.

Haklev, Stian. (2008). Mencerdaskan bangsa – Suatu pertanyaan: Fenomena Taman Bacaan di Indonesia. Advanced Seminar in international Development Studies, IDSD01Y, Internatinal Development Studies, University of Toronto at Scarborough.

Pemustaka, (2013). http://www.pemustaka.com/1000-tamanbacaan-masyarakat-

tbm-untukrakyat.html [15 AGUSTUS, 2013]

Panduan Pengembangan Kampung Literasi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Republik Indonesia. 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Desa. 2017.Sumut Menjadi Provinsi Literasi ke-4, Harian Waspada, 20 Mei 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2176-2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.