PERANAN KONSEP PENGENALAN DIRI, DINAMIKA KELOMPOK DAN KERJASAMA TIM DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Leo Alexander Tambunan, Ririsma Sihombing, Grace Deka Talia

Abstract


Organisasi Kemahasiswaan baik di tingkat Universitas/Sekolah Tinggi maupun di Program studi sangat penting didirikan dalam suatu institusi pendidikan, hal ini sebagai media bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa akan soft skills yang ada di dalam diri mereka. Organisasi Kemahasiswaan membutuhkan program pelatihan bagi para mahasiswa untuk melatih mereka untuk mengasah ketrampilan manajemen organisasi. Oleh karena itu diperlukan Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk mengembangkan ketrampilan manajemen dan kepemimpinan bagi para mahasiswa dalam mengelola organisasi kemahasiswaan. Materi yang diberikan dalam LDK adalah pengenalan diri, dinamika organisasi, dan kerjasama tim.

Keywords


Organisasi Kemahasiswaan, Pengenalan diri, Dinamika Organisasi, Teamwork, Pelatihan Dasar Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Calhoun, J. F., dan Acocella, J. R. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Alih bahasa: Satmoko. Semarang : IKIP Semarang Press, 2003.

Handijaya Yusuf, Organisasi Kemahasiswaan dan Kompetensi Manajerial Mahasiswa, Cetakan Pertama, Penerbit Perdana Publishing, Medan, 2015.

Kiling, Beatriks Novianti and Kiling Indra Yohanes, Tinjuan Konsep diri dan dimensinya pada anak dalam masa kanak-kanak berakhir, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Vol. 1 Nomor 2, Desember 2015, Universitas Negeri Makasar, Hal. 116-124.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dinamika kelompok, Modul Pembelajaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMSU, 2020, Hal. 12

Zamzany Faizal Ridwan, et.al, Analisis teamwork dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Kinanti Utama Karya, Journal of Islamic Economy and Business (JISEB), Volume 2 No 1, 2021, Hal 46-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1828-1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.