WORKSHOP PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA

Nur Sahara Panggabean, Masdelima Azizah Sormin, Lisna Agustina

Abstract


Paradigma terhadap sulitnya belajar matematika seolah menjadi kelaziman bagi siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas. Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas sangat menentukan terhadap pencapaian keberhasilan siswa dalam menerima materi yang diajarkan. Sebagai guru yang kreatif tentunya harus memiliki skill di bidangnya agar siswa yang diajarkan berhasil guna dalam proses pembelajarannya. Pemanfaatan media pembelajaran dalam matematika tentunya menjadi sebuah kreativitas yang harus dimiliki oleh guru matematika sebab dengan penguasaan dan penggunaan media tersebut diharapkan siswa merasa ikut memiliki pelajaran yang disampaikan oleh guru. Saat ini, program computer dalam pembelajaran matematika merupakan keniscayaan. Salah satu program computer yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika adalah GeoGebra. GeoGebra adalah program dinamis yang dengan beragam fasilitasnya dapat dimanfaatkan sebagi media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep – konsp matematika serta sebagi alat bantu untuk mengkonstruksi konsep – konsep matemtika. Namun, tidak semua guru matematika mampu dan cakap dalam memanfaatkan media pembelajaran GeoGebra. GeoGebra merupakan aplikasi yang mudah untuk dipahami oleh siswa dan dapat digunakan hampir untuk semua materi yang ada dalam matematika sehingga dengan menggunakan aplikasi ini siswa tidak merasa monoton dalam proses belajar mengajar di kelas. Anggapan siswa tehadap matematika yang sulit akan hilang seiring dengan skill yang akan mereka miliki dengan pemanfaatan GeoGebra ini.   Artikel ini menyajikan uraian bagaimana pengabdi menerapkan GeoGebra dalam setiap pembelaran matematika.

Target kegiatan ini adalah guru-guru matematika di Tapanuli Selatan. Jumlah peserta workshop sebanyak 16 orang. Tempat pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sipirok. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode  eksperimental dan pendampingan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberi informasi dan pengetahuan bagaimana memanfaatkan media pembelajaran matematika sehingga menjadi sebuah pelajaran yang menyenangkan bagi guru dalam membelajarkannya.

Kata Kunci : GeoGebra, Matematika


Full Text:

PDF

References


Geogebra Manual The Official manual of Geogebra, http;//code.pediapress.com/, 2011

Kusumah, Yaya S. 2003. Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Tekhnologi Komputer. Makalah Terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA

Marfuah 2013. Geogebra untuk Pembelajaran Matematika, Diklat Online 2013, PPPPTK Matematika Yogyakarta

Moch, Fatkoer Rohman, Panduan Penggunaan GeoGebra Software Alat Bantu Pembelajaran Matematika, http;//www.mathzone.web.id.

Muh, Tamimuddin H dan Muda Nurul Khikmawati, Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika Pemanfaatan Software Aplikasi Geogebra, Diklat Online e-Training PPPPTK Matematika Yogyakarta..




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v2i1.40-44

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat

issn online : 2598-1226| issn cetak : 2598-1218

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan
martabe@um-tapsel.ac.id

 

Eksakta licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Total Pengunjung