OPTIMALISASI PENGGUNAAN BAK SAMPAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI DESA JEBENGPLAMPITAN WONOSOBO

Naufal Salva Rozaqi, Amalia Utami, David Bagus Riansyah, Dedi Ahmad Fauzi, Imroatun Toyyibah, Khusnalistin Hildiana Putri, Latifah Latifah, Nuri Dwi Hikmawati, Qothrunnada Qothrunnada, Ririn Hastari, Muhtar Sofwan Hidayat

Abstract


Pentingnya menumbuhkan kesadaran masyarakat agar memiliki budaya hidup yang bersih sekaligus sehat dijembatani melalui bak pembuangan sampah yang disediakan oleh pemerintah Desa Jebengplampitan sebagai alternatif solusi untuk mengatasi pembuangan sampah sembarangan. Pembuangan sampah di sekitar lingkungan tempat tinggal bahkan di aliran sungai  merupakan kebiasan sebagaian masyarakat Desa Jebengplampitan yang saat ini masih sulit untuk dihilangkan. Dalam hal ini sikap peduli terhadap lingkungan sekitar guna menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat harus dipupuk terus menerus. Menggandeng beberapa masyarakat yang mampu menggerakan masyarakat lain juga peru dilakukan. Pembangunan bak sampah yang strategis dan layak juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membuang sampah pada bak sampah. Kondisi nyata di lapangan bahwasnya lokasi pembangunan bak sampah berada pada lingkungan pasar yangmana akses untuk kendaraan roda empat sulit. Selain itu bak sampah yang sudah tersedia tidak dilengkapi tembok pemisah antara sampah organik dan anorganik. Hal tersebut mengakibatkan sampah membaur jadi satu tanpa proses pemilahan. Tidak hanya itu bak sampah yang tidak dilindungi oleh atap mengakibatkan sampah-sampah yang seharusnya bisa terbakar dan mampu mengurangi jumlah sampah menjadi sulit untuk terbakar hingga menumbuhkan rasa malas orang sekitar untuk membakar sampah di bak sampah. Hasi dari program unggulan ini diharapkan mampu menggerakan masyarakat maupun pemerintahan desa untuk lebih serius dalam menumbuhkan budaya hisup bersih dan sehat.


Keywords


Bak Sampah, Budaya Hidup Bersih dan Sehat, Desa Jebengplampitan

Full Text:

PDF

References


Hartono, Rudi. 2008. Penanganan & Pengolahan Sampah. Penerbit Swadaya.

M, Farkhan., dkk. 2018. Pembuatan Bak Sampah Untuk Peduli Lingkungan Di Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoa. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 01. No. 01.

Dwiyanto, Bambang Munas. 2011. Model Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dan Penguatan Sinergi Dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 12. No. 02.

Wibowo, Istiqomah. 2009. Pola Perilaku Kebersihan: Studi Psikologi Lingkungan Tentang Penanggulangan Sampah Perkotaan. Makara, Sosial Humaniora. Vol. 13. No. 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1849-1855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.