PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ANDROID BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEMATIK
Murtyas Galuh Danawati, Innany Mukhlishina, Arinta Rezty Wijayaningputri
Abstract
Kurikulum 2013 yang digunakan pada tingkat Sekolah Dasar (SD) saat ini menggunakan sistem pembelajaran tematik dengan menggunakan tema untuk memadukan beberapa mata pelajaran sehingga terjadinya keterkaitan materi yang membuat lebih bermakna bagi siswa. Implementasi kegiatan belajar melalui pendekatan tematik pada tingkat sekolah dasar memerlukan media pembelajaran agar mempermudah penyampaian kepada siswa. Namun saat ini dunia tengah dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang menjadikan pembelajaran yang berlangsung tatap muka terpaksa dialihkan menjadi pembelajaran secara daring (online). SD/MI Muhammadiyah Kabupaten Malang sudah menggunakan media dengan metode pembelajaran beragam untuk pembelajaran tatap muka, namun media pembelajaran daring masih terbatas. Selain itu, belum ada media pembelajaran cerita anak berbasis penguatan pendidikan karakter. Berdasarkan analisis tersebut, dibutuhkan media pembelajaran daring yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran daring ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini sekaligus menjadi media pembelajaran dalam menanamkan Penguatan Pendidikan Karakter kepada siswa
Keywords
Pelatihan, Media pembelajaran, Cerita Anak, Penguatan Pendidikan Karakter
References
Deni Sukma. 2016. Fintechfest, mempopulerkan teknologi finansiial di Indonesia. Arena LTE
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Rosdakarya.
Sanjaya. 2015. Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
Okezone.com. 2015. Pengguna Smartphone di Indonesia Capai 55Juta, (Online), (http://techno.okezone..com/read/2015/09/19/57/1217340/2015-peng gunasmartphone-diindonesia-capai-55-juta), diakses 20 Juni 2021.
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1793-1798
Refbacks
- There are currently no refbacks.