PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI TK AZ ZAHRA 2

Nancy Riana, Feronica Eka Putri, Uar Wartini

Abstract


Penerapan kegiatan belajar dari rumah menyebabkan berbagai dampak yang terjadi dalam dunia pendidikan, salah satunya pada anak usia dini. Kegiatan belajar dari rumah pada anak usia dini tentu pelaksanaannya kurang maksimal, karena berbagai aspek perkembangan anak tidak bisa sertamerta tercapai. Kepala Sekolah TK Az Zahra 2 menyatakan bahwasannya yang paling menonjol untuk ditingkatkan adalah aspek kognitif, salah satunya berhitung. Sebagian besar siswa masih banyak yang kesulitan untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan, serta mengenal angka dalam hal memaknainya. Berdasarkan hal tersebut maka penulis membuat kegiatan pendampingan untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Pendampingan ini dilakukan dengan harapan orang tua dan guru bisa membuat media yang mudah dan dapat dipakai di rumah, sehingga bisa mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Metode pelaksanaan yang dilakukan menggunakan survey, observasi, pendampingan dan pelatihan serta monitoring dan evaluasi. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat. Melalui kegiatan ini orang tua bisa membuat media monopoli kognitif yang sederhana dan dapat dipakai untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak di rumah, khususnya pada kemampuan berhitung anak.

Keywords


Pendampingan, Media Pembelajaran, Monopoli Kognitif, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Eliason, Claudia & Loa Jenkins. 2008. A Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New Jersey: Pearson Prentice Hall,

Nofriyanti, Yelva dan Heni Meila Sari. Implementation of Mathematics Learning Through Media Arrange Smart Dice to Improve Counting Ability in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 13 Edisi 1 April 2019. DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.12

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. http://repositori.kemdikbud.go.id/12860/1/Permendikbud%20No.%20137%20Tahun%202014%20-%20SN-PAUD.pdf

Riana, Nancy. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Bermain Monopoli. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 01 (2018). https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1336

Satriana, Malpaeni, dkk. 2022. Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Issue 1 (2022) Pages 362-373. DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.1353.

https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1353

Siahaan, Matdio. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidika. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), No. 1 (Juli 2020), Halaman: 1 – 3. http://repository.ubharajaya.ac.id/4842/2/Jurnal%20PANDEMIC%20MATDIO%20S.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1689-1695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.