PEMBUATAN DAN APLIKASI PUPUK KOMPOS BERBAHAN DASAR SAMPAH ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN SANITASI LINGKUNGAN DESA ALUE AMBANG

Larista Larista, Agustinur Agustinur, Dewi Puji Lestari

Abstract


Alue Ambang adalah salah satu desa di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Indonesia, yang terletak dilokasi pesisir laut. Menurut survey yang dilakukan, Desa Alu Ambang umumnya bertekstur tanah lempung berpasir. Tanah lempung berpasir merupakan tanah denagn kapasitas menahan air yang rendah serta kehilangan air dan kelembaban tanah yang cepat. Penggunaan bahan organik sangat efektif dalam menjaga kualitas tanah yang ideal untuk pengelolaan lahan kering. Sampah  banyak mengandung unsur organik (sampah organik) yang dapat dengan mudah diuraikan oleh alam menjadi bahan yang stabil. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus mengembangkan teknologi pengolahan limbah yang inovatif dan sesuai yang mudah diterapkan di skala rumah tangga, termasuk pengomposan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan dan pengaplikasian pupuk kompos pada tanaman, meningkatkan sanitasi lingkungan,serta mengajarkan masyarakat untuk budidaya sayuran dipakarangan rumah dengan sistem pertanian organik. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan   selama 4 bulan, metode yang lakukan yaitu pelatihan dan pembuatan pupuk kompos dengan tahapan sebagai berikut : (1) Tahapan survei, (2) pelatihan, (3) pembuatan kompos, (4) pengaplikasian, (5) pemanenan, (6) pengolahan. Hasil dari pengabdian ini yaitu kader tani dan kelompok TOGA mendapatkan pengetahuan tentang pemanfaatan sampah organik, mengetahui cara pembuatan dan pengaplikasian kompos dan juga dapat mengolah sayuran hasil dari pertanian organik. Dengan adanya pengabdian ini semua anggota kader dan kelompok toga mendapatkan ilmu baru yang dapat di sebar luaskan ke maysarakat desa lainnya, berguna untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan sanitasi di lingkungan masyarakat desa alue ambang. Kesimpulannya setelah dilakukannya pengabdian, masyarakat jauh lebih paham tentang pemanfaatan sampah organik.


Keywords


pelatihan; kompos; sampah organik

Full Text:

PDF

References


Aklis, N., & Masyrukan, M. (2016). penanganan sampah organik dengan bak sampah komposter di dusun susukan kelurahan susukan, kecamatan susukan, kabupaten semarang. Warta, 19(1), 74–82. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6172

Damanik, Bachtiar, Fauzi, Sarifuddin, & Hamidah. (2011). kesuburan tanah dan pemupukan. USU press.

Damayanti, N. s., Widjajanto, D. W., & Sutarno. (2019). Pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pakcoy (brassica rapa L) akibat dibudidayakan pada berbagai media tanam dan dosis pupuk organik.

Elpawati, DS, D., & Dasumiati. (2015). optimalisasi penggunaan pupuk kompos dengan pengambahan effective microorganism 10 (EM10) pada produktivitas tanaman jagung (zea mays L).

Hanafiah, K. A. (2013). dasar-dasar ilmu tanah (1st ed.). rajawali press.

Hartatik, W., & Setyorini, D. (2011). Pemanfaatan Pupuk Organik untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah dan Kualitas Tanaman. Peneliti Badan Litbang Pertanian, 12, 571–582.

Indriyanti, dyah rini, Banowati, E., & Margunani. (2015). Pengolahan limbah organik sampah pasar menjadi kompos. Jurnal Abdimas, 19(1), 43–48.

Kobierski, M., Kondratowicz-Maciejewska, K., Banach-szott, M., P. Wojewodzki, A., & Castejon, J. M. P. (2018). humic substances and aggregate stability in rhizospheric and non-rhizospheric soil. Journal of Soil and Sediments, 18(8), 2777–2789.

Lal, R. (2020). soil organic matter content and crop yield. Journal of Soil and Water Conservation, 75(2), 27A-32A.

Nurjazuli, Awiyatul, A., Juliana, C., & Pertiwi, kartika dian. (2016). teknologi pengolahan sampah organik menjadi kompos cair. Jurnal Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Lingkungan, 1–2.

Solichin, Yoto, Wahono, Edy, duwi leksono, & Irdianto, W. (2018). penerapan teknologi tepat untuk pembuatan pupuk organik di desa selorejo, kecamatan dau, kabupaten malang, provinsi jawa timur. Jurnal Karinov, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1164-1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.