PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR URIN SAPI DAN PESTISIDA KENIKIR SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN

Murnita Murnita, Yulfi Desi, Leffy Hermalena

Abstract


Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dikukan bersama mitra Kelompok Tani Simpang Tigo Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang bergerak dalam bidang budidaya padi organik. Kegiatan PKM bertujuan untuk: (1) mendorong motivasi petani dalam membuat POC dari urin sapi dan pestisida nabati dari daun bunga kenikir, (2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani tentang pembuatan POC  dari urin sapi  dan pestisida nabati  dari daun bunga kenikir (3) memaksimalkan  penggunaan POC dari urin sapi  dan pestisida nabati dari  daun  bunga  kenikir. Metode pelaksanaan kegiatan PKM berupa: penyuluhan, praktik, monitoring dan evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung dengan baik dan masyarakat bersemangat untuk mengikuti pelatihan serta memiliki keinginan yang tinggi untuk melanjutkan pembuatan POC dari urin sapi dan pestisida  nabati dari daun bunga kenikir, terlihat dari kegiatan pembuatan POC dan pestisida nabati yang dilakukan kembali oleh petani. Pengetahuan petani meningkat terhadap pengertian, kelebihan, kekurangan, manfaat dari POC dan pestisida kenikir serta cekatan dalam membuat dan mempergunakan POC dari urin ternak dan pestisida nabati dari daun bunga kenikir yaitu sama dan di atas 60%.  Masyarakat melaksanakan  pemakaian POC dari urin sapi dan  pestisida dari daun bunga kenikir  pada tanaman padi organik yang mereka budidayakan.


Keywords


pupuk organik cair, urin sapi, pestisida kenikir, lingkungan

Full Text:

PDF

References


Anastasia R. Moi, D. Pandiangan, P. Siahaan, dan A. M. Tangapo. 2015. Pengujian Pupuk Organik Cair dari Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassicajuncea), Jurnal MIPA UNSRATVol. 4 No. 1.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Tengah. 2014. Pestisida nabati, pembuatan dan manfaat. http://kalteng.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi-mainmenu-47-47/teknologi/332-pestisida-nabati-pembuatan-dan-manfaat13.Diakses pada tanggal 6 Desember 2021.

Huda, S. dan W. Wikanta. 2017. Pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi pupuk organik sebagai upaya mendukung usaha peternakan sapi potong di Kelompok tani Ternak Mandiri Jaya Desa Moropelang Kecamatan Babat kabupaten Lamongan. Aksiologiya Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 1.

Jalaludin, Nasrul, Z.A., dan Syafrina, R. 2016. Pengolahan sampah organik buah-buahan menjadi pupuk dengan menggunakan efektif mikroorganisme. Jurnal Teknologi Kimia Unimal. Vol. 5 No. 1.

Murnita, N. Yessirita dan Y. A. Taher. 2019. Penerapan sistem integrasi ternak sapi dan tanaman padi. Jurnal Hilirisasi IPTEKS.Vol. 2 No. 3a.

Nufihidayati, E., dan R. Rosilawati. 2018. Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Sukamaju. Jurnal Pengabdian Masyarakat Monsu’ani Tano. Vol. 1 No. 2.

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman. 2011. Bahaya Pestisida Sintetis. Citra Ungu Laksana.

Siregar, H. 1981. Budidaya Tanaman Padi di Indonesia. Sastra Budaya, Bogor.

Siregar, A.Z. 2018. Karakteristik Hama Padi Pasang Surut. Intimedia, Malang

Sodiq, M. dan Mudjoko, T. 2019. Pengendalian Terpadu Hama dan Penyakit Tanaman Padi. Plantaxia, Graha Ilmu.

Wenda, M., S. Hidayati, & S. Purwanti. 2017. Aplikasi pupuk organik cair dan komposisi media tanam terhadap hasil tanaman selada (Lacuta sativa L.). Gontor Agrotech Science Journal. Vol. 3 No. 2.

Widyastuti F.R, Purwanto, Hadiyanto. 2013. Upaya Pengelolaan Lingkungan Usaha Peternakan Sapi di Kawasan Usahatani Terpadu Bangka Botanical Garden Pangkalpinang. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan 2013. SBN 978-602- 17001-1-2




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1156-1163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.