SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DAN FERMENTASI PRODUK MAKANAN TRADISIONAL PLIEK-U SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KELAMBIR KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG

Jamilah Nasution, Rahmiati Rahmiati, Agung Suharyanto, Ferdinand Susilo

Abstract


Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan minyak yang diperoleh dari ekstraksi kelapa segar dan diproses dengan berbagai cara, termasuk metode produksi tradisional di rumah. Tujuan pembuatan VCO dan pliek-u yaitu untuk memberikan informasi tentang pemanfaatan produk kelapa berupa santan yang dapat diolah kembali menjadi minyak VCO, dan ampas minyaknya digunakan sebagai pliek-u sebagai makanan tradisional. VCO memiliki nilai jual yang tinggi dan berkhasiat obat. Pliek-u terbuat dari ampas kering sisa minyak kelapa tua. Kedua produk ini dibuat dengan mitra melalui praktik langsung. Hasil yang diperoleh dari pembuatan VCO adalah memiliki sifat fisik yang baik yaitu bening seperti air, memiliki aroma yang harum dan rasa yang dapat diterima, serta bebas dari bau tidak sedap. Pliek-u merupakan alternatif pengganti buah kelapa dan makanan tradisional yang harus dilestarikan. Pliek-u biasanya ditambahkan sebagai bumbu masakan kari, sehingga memberikan rasa yang unik dan otentik. Hasil uji organoleptik pliek-u yaitu warnanya coklat, rasanya asam dan aromanya tidak berbau.

Keywords


Kelapa; Pliek-U; Virgin Coconut Oil; Desa Kelambir; Kecamatan Pantai Labu

Full Text:

PDF

References


Asril, M., Perdana, A. T., Mahyarudin, M., Asmarany, A., & A’yun, Q. (2019). Isolasi Cendawan yang Berperan dalam Proses Pembuatan Pliek U (Makanan Fermentasi Khas Aceh). Majalah Ilmiah Biologi BIOSFERA: A Scientific Journal, 36(1), 26-34.

Aziz, T., Olga, Y., & Sari, A. P. (2017). Pembuatan virgin coconut oil (VCO) dengan metode penggaraman. Jurnal Teknik Kimia, 23(2), 129-136.

Hasibuan, C. F., Rahmiati, R., & Nasution, J. (2018). Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Menggunakan Cara Tradisional. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 128-132.

Ibrahim, P. S., Azis, R., & Akolo, I. R. (2019). Pelatihan Pembuatan VCO Untuk Meningkatkan Penghasilan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 197-200.

Kiti, A. A., Jamilah, I., & Rusmarilin, H. (2020). Studi Kualitatif Aktivitas Amilolitik Bakteri Asam Laktat Yang Diisolasi Dari Pangan Tradisional Aceh Pliek U. Health and Contemporary Technology Journal, 1(1), 5-9.

Nurliana, S. M., Sudirman, L. I., & Sanjaya, A. W. (2008). Pengujian awal aktivitas antibakteri dari minyak pliek u dan pliek u: Makanan tradisional Aceh. Jurnal Kedokteran Hewan, 2(2), 150-156.

Rahmawati, E. (2018). Pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dengan Proses Fermentasi dan Enzimatis. Journal of Food and Culinary, 1(1), 1-6.

Rinaldi, R., Samingan, S., & Iswadi, I. (2018). Isolasi dan Identifikasi Jamur pada Proses Pembuatan Pliek U. Prosiding Biotik, 4(1).

Sutanto, T. D., & Ratnawati, D. (2017). Pembuatan virgin coconut oil (vco) dengan metode tanpa pemanasan sebagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 15(1).

Widiyanti, R. A., & Guru Mapel, P. K. N. (2015). Pemanfaatan kelapa menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) sebagai antibiotik kesehatan dalam upaya mendukung visi Indonesia sehat 2015. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 577-584).

Yadi, R., Kumar, R., Rahman, E., Monandes, V., & Permata, D. S. (2019, November). Diversifikasi Produk Olahan Kelapa Menjadi Virgin Coconut Oil (VCO). In Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri II (Vol. 2, No. 2, pp. 32-36).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1180-1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.