PELATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA MASYARAKAT DI DESA PURWODADI

Nurul Hidayah Nasution, Ayus Diningsih, Indra Maulana

Abstract


Relaksasi otot progresif merupakan terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi ketegangan pada otot tubuh. Relaksasi ini merupakan latihan relaksasi yang memiliki berbagai manfaat dalam menjaga kesehatan maupun dalam penanganan penyakit. Pelatihan relaksasi dapat menurunkan efek destruktif dan gejala yang ditimbulkan dari suatu penyakit dan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini agar masyarakat lebih mandiri dalam menjaga dan memelihara kesehatannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan sasaran perangkat desa dan masyarakat Desa Purwodadi, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa dan di rumah masyarakat Desa Purwodadi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan gerakan relaksasi otot progresif kepada masyarakat. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur/pelatih dan media berupa video gerakan refleksi otot progresif untuk membantu dalam memandu gerakan masyarakat. Kegiatan ini juga diselingi dengan diskusi dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh yaitu kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 12 hari. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang perangkat Desa Purwodadi, 30 orang kader dan 60 orang masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diterima antusias oleh masyarakat Desa Purwodadi terbukti dengan tingkat persentasi kepuasaan sebesar 98% masyarakat merasa puas dengan kegiatan ini. Masyarakat merasakan dampak langsung setelah dilakukan pelatihan. Masyarakat menjadi lebih relaks setelah mempraktikkan gerakan otot progresif ini. Diharapkan agar gerakan relaksasi otot progresif ini disampaikan juga kepada anggota keluarga dan masyarakat lainnya agar keluarga dan masyarakat menjadi lebih sehat sehingga akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Keywords


relaksasi, otot, progresif, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Antoni, Adi (2018). Evidence Based Nursing Practice : Progressive Muscle Relaxation (PMR) Pada Penyakit Degeratif. Perdana Medika : Deli Serdang.

Antoni & Diningsih (2021). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif terhadap Kontrol Stress Fisiologis dan Psikologis Klien Diabetes Mellitus. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 4(2), 210-214.

Arsy dan Listyarini (2021). Terapi Relaksasi Otot Progresif Untuk Mengatasi Insomnia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 4(1), 21-19.

Ghazavi, Z., Talakoob, S., Abdeyazdan, Z., Attari, A., & Joazi, M. (2007). Effect of massage therapy and muscle relaxation on glycosylated hemoglobin in diabetic children. Shiraz E-Medical Journal, 9(1), 11-16.

Livana, dkk (2018). Relaksasi Otot Progresif Menurunkan Stres Keluarga Yang Merawat Pasien Gangguan Jiwa. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(1), 51-59.

Mashudi (2011). Pengaruh progressive muscle relaxationterhadap kadar glukosa darah pasien diabetes mellitus tipe 2 di rumah sakit umum daerah raden mataher jambi. Diperoleh dari http://lontar.ui.ac.id/file=pdf/abstrak-20281698.pdf.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tahun 2009. Undang Undang Republik Indonesia N0. 36 Tahun 2009 : Kesehatan”. Jakarta.

Ulya & Faidah (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Koripandriyono Kecamatan Gabus kabupaten Pati. Jurnal Kperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 6(2),1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1044-1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.