PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF CALISTUNG BAGI GURU PAUD DI KABUPATEN MUKOMUKO PROPINSI BENGKULU

Risnawati Risnawati, Ernawati Ernawati, Detti Lismayanti

Abstract


Perkembangan optimal pada anak usia dini membutuhkan stimulasi yang tepat, salah satunya pengelolaan pembelajaran. Bagi anak usia dini, bermain dan belajar merupakan kegiatan yang tak terpisahkan. Oleh karena itu, pengelolaan pembelajaran yang kompeten harus dikuasai oleh guru PAUD. Alat permainan edukatif (APE) merupakan bagian dari pengelolaan pembelajaran pada anak usia dini. Observasi awal menunjukkan rendahnya kompetensi para guru PAUD di Kabupaten Mukmuko untuk membuat dan menggunakan APE dalam kegiatan pembelajaran. Pelatihan pembuatan dan penggunaan APE dalam kegiatan pembelajaran bertujuan mengatasi masalah tersebut. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini menggunakan metode latihan (drill method) dalam melaksanakan pelatihan. Pada hasil akhir PKM, terdapat peningkatan kompetensi guru PAUD dalam membuat dan menggunakan APE. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan dan penggunaan APE secara berkelanjutan akan meningkatkan kompetensi pengelolaan pembelajaran PAUD.  


Keywords


pendidikan anak usia dini, pengelolaan pembelajaran, alat permainan edukatif, pelatihan, pengabdian kepada masyarakat

Full Text:

PDF

References


Hergenhahn, B.R. & M.H. Olson. 2009. Teori Belajar.Terjemahan oleh Tri Wibowo B.S. 2009. Ed. ke7. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Terjemahan oleh Tri Wibowo B.S. Ed. ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, Conny R. 2018. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Slavin, Robert S. 2011. Psikologi Pendidikan. Jilid I. Ed. ke-9. Terjemahan oleh Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks.

Suryadi. 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota.

Zaman, Badru, dkk. 2006. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hendayani, E. S. 2012. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Pembelajaran PAUD Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Empowerment, 1(2).

Rahma, D., Ali, M., dan Yuniarni, D. 2017. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Al Fikri. Jurnal Khatulistiwa, 6(10).

Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1).

Mirawati, Sunanih, dan Surtika, D. R. 2018. PPTBK Guru PAUD dalam Pembuatan APE Bagi Anak Usia Dini Sebagai Upaya Peningkatan Sarana Dan Prasarana Yang Ramah Bagi Anak. Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas”.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.821-828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.