KELOLA KEUANGAN DAN PEMASARAN ONLINE UKM PADA RUMAH PANGAN KERIPIK TEMPE DI DESA SINGARAJA KABUPATEN INDRAMAYU

Agus Yudianto, Meddy Nurpratama

Abstract


Perubahan semakin tajam dengan menjadi kompetitif dan kompetitif. Oleh karena itu, mengingat keahlian di bidang manajemen keuangan dan keterampilan pemasaran yang berbasis dunia global, yaitu melalui jaringan internet yang disebut dengan konsep online, mau tidak mau harus ditangani dengan bijak sesuai dengan tuntutan zaman. Tentunya para pelaku usaha harus mempersiapkan diri secara strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu teknik pengelolaan keuangan yang dapat dijadikan pedoman dalam pengelolaan keuangan dengan harapan dapat lebih efisien dan perubahan pasar yang cepat dengan hadirnya teknologi pemasaran online dirasakan dapat mampu beradaptasi. Bukan tidak mungkin kita akan menggunakan pemasaran online. Ke depan, bukan berarti pelaku usaha kecil dan menengah justru akan mengalami persaingan yang kompetitif, oleh karena itu pelaku usaha kecil harus dibekali dengan pemanfaatan teknologi dan mampu beradaptasi dengan kondisi pasar. Jika tidak, ia akan dihancurkan oleh persaingan yang kompetitif, pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan tata kelola keuangan dan pemasaran online yang baik. Dihadiri oleh peserta UKM laki-laki dan perempuan, teknik dan metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui pendampingan pelatihan adalah; pertama, penjelasan menggunakan slide power point dan LCD proyektor dalam workshop pelatihan manajemen keuangan yang sederhana dan sederhana. Pengabdian ini dilaksanakan di Desa Singaraja, Kabupaten Indramayu.


Keywords


Pelatihan Tata Kelola Keuangan, strategi pemasaran online.

Full Text:

PDF

References


Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda.

International Journal of Research in Marketing . Kemp, S. Retrieved February 18, 2017, from http://wearesocial.com/blog/2017/0 2/digital-southeast-asia-2017

Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management , 1-8.

Rahayu, E. M. (2012, March 19). from http://swa.co.id/: http://swa.co.id/swa/trends/marketi ng/digital-marketing-carakomunikasi-dua-arah-acer

Stelzner, M. (2012, April). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business.

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

Supriadi, C. (2016, November 16). Retrieved February 18, 2017, from http://www.marketing.co.id/dukung-wirausaha-wanita-lewat-aplikasi-dbsbusinessclass/

Supriadi, C. (2016, October 21). Retrieved February 18, 2017, from http://www.marketing.co.id/: http://www.marketing.co.id/menkop -puspayoga-ukm-harus-manfaatkaninternet/

Utomo, R. M. (2016, October 20). from metrotvnews.com: http://m.metrotvnews.com/teknologi/news-teknologi/GNGyEMrkpemanfaatan-digital-marketing-diindonesia-masih-minim

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1126-1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.