OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN LEGALITAS DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM KAMPOENG BAWANG DI MASA PANDEMI

valma putri sabella, Rahmatul Hasanah, Agung Winarno, Agus Hermawan

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sector yang terkena dampak dari adanya pandemic Covid-19. Dengan adanya wabah pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat mengalami penurunan, karena masyarakat banyak beralih melakukan pembelian secara online. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan bagi usaha yang terkena dampak Covid-19, khususnya UMKM Kampoeng Bawang yang baru berdiri di masa pandemi ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman usaha Kampoeng Bawang mengenai digital marketing melalui media social dan konten marketing, serta pentingnya legalitas untuk mempermudah dalam pengembangan usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu tahap persiapan, penyusunan kegiatan, implementasi, dan evaluasi. Hasil evaluasi dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan penjualan dan brand awareness media social Kampoeng Bawang.


Keywords


legalitas, NIB, OSS, Pemasaran Digital, UMKM

Full Text:

PDF

References


Arianto, Bambang. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2.

Anugrah et al (2021). Penyuluhan Hukum Tentang Pentingnya Legalitas Badan Usaha Sebagai Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 04 Nomor 01.

Adhianty Nurjanah, S. (2021). Pemberdayaan Umkm Peyek Santoso Imogiri Bantul Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 5(2), 1-9.

Baker, T., & Judge, K. (2020). How to Help Small Businesses Survive COVID-19. Columbia Law and Economics Working Paper, (620).

Darmo, I. S., Parmenas, N. H., & Iskandar, D. A. (2021). Legalitas UMKM: Kunci Sukses Pengembangan dan Sinergi Pemasaran UMKM. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85-94.

Handajani, L., Furkan, L. M., & Rifa’i, A. (2019). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok Di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani, 6(3), 409-421.

Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu SosiaL, 11(2), 324-327.

Latif, N., Adi, B., Lasiyono, U., & Miradji, M. A. (2021). Digitalisasi Pengajuan Izin Usaha UMKM di Desa Banjarkemantren,

Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 92-101.

Oktaviani, F., Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas, 3(1), hal 1-20

Pramawati, I. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung dalam Meningkatkan Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 263-275.

Purnawan, A., Khisni, A., & Adillah, S. U. (2020). Penyuluhan hukum Pendaftaran Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kota Semarang melalui Sistem Online Single Submission (OSS). Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 1-10

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89-95.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29

Veranita, M., Syahidin, Y., & Darmawan, E. D. (2021). Pemanfaatan Promosi Melalui Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Kefir Pada UMKM Dapur Kefir Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 145-159.

Yasmin A, Tasneem S, Fatema K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1 (5), 69-80.

Yuwita, N., Astutik, S., Badriyatul, S., & Rahayu, S. (2021). Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.942-949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.