SELEKSI TAMBAHAN UJIAN TERTULIS BAKAL CALON PEMILIHAN KEPALA DESA TAHUN 2021 DI WILAYAH KABUPATEN BANDUNG BARAT

Agustina Setiawan, Titin Rohayatin, Toto Kushartono, Dadan Kurnia, Widuri Wulandari, Siti Munawaroh

Abstract


Kualitas sumber daya manusia bakal calon kepala desa menentukan masa depan dari pemerintahan desa. Proses penyelenggaraan pemerintahan desa sangat ditentukan oleh kualitas kepala desa yang sedang berkuasa, karena hal ini berkaitan dengan proses perencanaan pembangunan serta pelayanan yang diberikan kepada masyarakat desa, serta kemajuan dan kesejahteraan dari masyarakat desa. Dalam pemilihan kepala desa di Kabupaten Bandung Barat, calon kepala desa sebelum dipilih langsung oleh masyarakat merka mengikuti test tertulis sebagai seleksi awal sebelum pemilihan kepala desa. Hal ini menjadi perhatian dari FISIP Unjani untuk dapat ikut serta dalam penyelenggaraan test tambahan tertulis yang dilakukan bagi bakal calon kepala desa di KBB. Harapannya dengan adanya test tertulis tambahan ini, para calon kepada desa yang maju dalam pemilihan kepala desa adalah calon-calon yang memiliki pengetahuan yang luas sehingga kedepannya mampu untuk memajukan desa yang bersangkutan. Pelaksanaan seleksi tambahan akademik ujian tertulis yang dilakasankan oleh FISIP Unjani berjalan lancar.



Keywords


Pemerintahan Desa, Seleksi Tambahan, Pilkades

Full Text:

PDF

References


Dwi Adiyah Pratiwi. 2020. “Kepala Desa Bukan Raja : Telaah Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa.” Ombudsman. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--kepala-desa-bukan-raja--telaah-pengangkatan-dan-pemberhentian-perangkat-desa.

Faturahman, Burhanudin Mukhamad. 2018. “Aktualisasi Nilai Demokrasi Dalam Perekrutan Dan Penjaringan Perangkat Desa.” Jurnal Sosial Politik 4(1): 132.

Hasanul Bulqiyah; Sholeh Muadi; George Towar Ikbal Tawakkal. 2019. “Pemilihan Kepala Desa Dam Partisipasi Masyarakat Marjinal: Studi Kasus Di Pulau Bawean, Indonesia.” Jurnal Wacana Politik 4(1): 68–80.

Mubarak, Haris, and Indra Fauzan. 2017. “Sistem Pemilihan Kepala Desa Dan Pengangkatan Lurah Serta Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Publik : Studi Kasus Perbandingan Di Kota Jambi Dan Muaro Jambi.” Politeia: Jurnal Ilmu Politik 4(1): 1–18.

Qulsum, Siti, Hanny Purnamasari, and Ani Nurdiani Azizah. 2020. “Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Purwasari Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Periode 2020-2026.” Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan 6(2): 102–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.990-995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.