PENERAPAN TEKNOLOGI LUBANG RESAPAN BIOPORI SEBAGAI METODE SEDERHANA PENGELOLAAN KOMPOS LIMBAH RUMAH TANGGA DI DESA SRIKUNCORO, BENGKULU TENGAH

Kanang Setyo Hindarto, Herry Gusmara, Zainal Muktamar

Abstract


Sampah telah menjadi permasalahan yang rumit sehingga dalam pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar sampah dapat memberikan manfaat secara ekonomis, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan serta dapat merubah pola pikir yang ada di dalam masyarakat. Melalui teknologi Lubang Resapan Biopori sampah organik dapat dikelola dan diolah langsung di tempat sumbernya dengan luaran berupa pupuk kompos. Hal ini juga bisa diterapkan untuk sampah rumah tangga. Sampah dapat langsung dipilah dan diolah di lingkungan rumah tangga tidak perlu diangkut ke tempat pembuangan sampah atau tempat pembuangan akhir. Teknologi ini dapat meminimalisir biaya, tenaga dan mencegah pencemaran lingkungan. Pemanfaatan teknologi Lubang Resapan Biopori (LRB) sudah tersebar luas di masyarakat, namun hanya untuk teknologi untuk meresapkan air lebih cepat. Pemnafaatan LRB untuk pengomposan belum banyak diketahui dan diterapkan. Melalui kegiatan pengabdian pada bulan Agustus hingga bulan Oktober 2021 diperkenalkan metode pengomposan sederhana di dalam LRB kepada masyarakat Srikuncoro. Kegiatan berupa penyuluhan dan penerapan langsung di lapangan diikuti oleh 20 orang peserta. Hasil capaian dievaluasi melalui kuisioner yang diisi peserta saat belum dan sesudah kegiatan. Didapatkan bahwa 95% peserta sudah mengetahui tentang LRB, 80% peserta mengetahui cara pengomposan pada LRB dan menganggap teknologi LRB mudah untuk diterapkan dan 75% peserta ingin menerapkan LRB pada keseharian.

 


Keywords


Sampah Rumah Tangga, Lubang Resapan Biopori, Kompos

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. 1986. Pengantar Ilmu kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Brata, K.R. dan Nelistya, A. 2008. Lubang Resapan Biopori. Penebar Swadaya : Jakarta.

Kamir, R. B. 2006. Teknologi Biopori. IPB Press : Bogor

Rizaty, M.A. 2021. Komposisi Sampah Nasional Berdasarkan Sumber Sampah (2020). https://databoks.katadata.co.id/. Diakses pada 20 September 2021.

Widyastuti, S. 2013. Perbandingan Jenis Sampah Terhadap Lama Waktu Pengomposan Dalam Lubang Resapan Biopori. Jurnal Teknik Unipa. Vol 11, No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.863-869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.