PELUANG DAN TANTANGAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

Fitriyah Nurhidayah, Putri Mutira, Yanti Yanti, Ratih Purnamasari, Meutia Meutia, Lia Uzliawati, Tubagus Ismail, Dadan Ramdhani, Imam Abu Hanifah, Elvin Bastian, Helmi Yazid, Agus Sholikhan Yulianto

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setahun dan masih belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Dampaknya sangat luas dan mempengaruhi berbagai sektor, termasuk UKM. Para pelaku usaha tersebut secara langsung mengalami penurunan omzet bahkan menutup usahanya. Sebagai upaya untuk mengurangi atau mengatasi dampak pandemi di sektor UKM, kampus bisa menjadi motor penggerak. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tidak ketinggalan juga berkontribusi, namun dengan mempertimbangkan situasi pandemi dan pembatasan kegiatan masyarakat secara langsung dengan jangkauan yang luas dan untuk memutus penyebaran Covid-19 maka digunakan strategi webinar online, yaitu peluang dan tantangan yang dihadapi oleh UKM di Indonesia. di tengah pandemi yang memberikan solusi terbaik.


Keywords


UKM, covid-19, strategi, peluang, tantangan

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, krcil dan Menengah

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal MANOVA, 2(2), 55–65.

Ekarina,2020, “Pandemi ubah Perilaku belanja: Non-pangan E- Commerce naik, Mal anjlok “, Available at: https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f7efbf709045/pandemi-ubah- perilaku-belanja-non-pangan-e- commerce-naik-mal-anjlok.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.695-698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.