PELATIHAN GURU SMA MUHAMMADIYAH 1 PALANGKARAYA DALAM PEMBUATAN FORMULIR UJIAN ONLINE DENGAN LATEX UNTUK EKPRESI DAN RUMUS MATEMATIKA

(1) * Citra Amalia Mail (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia)
(2) Haryadi Haryadi Mail (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia)
(3) Herman Herman Mail (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia)
(4) M. Riduan Mail (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia)
(5) Wulandari Wulandari Mail (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada penggunaan Google Form untuk pembuatan formulir online yang menggunakan  karakter-karakter simbolik bukan hanya untuk matematika tapi juga untuk rumus-rumus yang memerlukan symbol-simbol tertentu yang sulit untuk dimasukan kedalam Google Form. Pada pengabdian masyarakat ini juga melatih para guru untuk mengaplikasikan Add-Ons yang ada pada Google Form untuk memudahkan proses pembuatan formulir dengan fungsi-fungsi tertentu. Objek Pengabdian masyarakat ini pada SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dengan subjek para guru di SMA dan tidak harus matematika. Kegiatan pengabdian ini berfungsi memudahkan proses belajar mengajar di kalangan siswa pelajar SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Salah satu fungsi dalam add-ons yang akan dilatih kepada para guru ada fungsi LaTeX. Kontribusi pelaksanaan pengabidan kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan keterampilan soft skill untuk para guru agar lebih cakap dalam perkembangan teknologi saat ini.


Keywords


Google Form, LaTeX, Rumus, Matematika, Ekspresi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.752-760
      

Article metrics

Abstract views : 369 | PDF views : 135

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’Perceptions. Prizren Social Science Journal

Akhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Educationand Social Sciences, 3 (feb), 12-18

Dicicco, K. M. (2016). The effects of google classroom on teaching social studies for students with learning disabilities. Rowan University

Dicicco, K. M. (2016). The effects of google classroom on teaching social studies for students with learning disabilities. Rowan University

Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang

Hanum, N.S., (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1)

Iftakhar, Shampa (2016) Google Classroom What Works and How. International Journal of Education Sciences. Vol. III, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.