“PENGEMINITOR” PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMENT PENILAIAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA GURU- GURU MUHAMMADIYAH KOTA PADANGSIDIMPUAN

Fitri Agustina Lubis, Putoro Dongoran, Jalilah Azizah Lubis, Muhammad Darwis, Mutiara Lubis

Abstract


Tujuan Kegiatan Pelatihan ini diharapkan guru di bawah naungan Dikdasmen Kota Padangsidimpuan lebih memiliki kemampuan dalam merumuskan instrument penilaian yang sesuai dengan kompetensi siswa. Menggunakan instrument penilaian yang tepat akan mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran. siswa akan merasa akan merasakan kreatifitasnya tergali dengan baik dan akan menghasilkan apa yang diharapkan oleh guru. Pengabdian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 22 Kota Padansidimpuan. Pelaksanan pengabdian ini dilaksanakan kurang lebih selamaa dua bulan yakni mulai Juli – Agustus dimana kegiatannya dilaksanakan selama 4 hari dalam jangka waktu berbeda. Hasil workshop instrument penilaian ini yaitu bahwa guru–guru Muhammadiyah lebih banyak memperoleh pemahaman mengenai bagaimana penerapan instrument dalam rancangan pembelajaran. Guru-guru Muhammadiyah kota Padangsidimpuan juga terlihat lebih termotivasi untuk lebih kreatif dalam menentukan instrument penilain. Target sasaran untuk kedepannya diharapkan guru-guru akan lebih mampu mengembangkan bahan ajar sendiri yang sesuai dengan instrument penilaian.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Sains. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Hamzah B. Uno.2012. Assessment pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Edi Istiyono, Mardapi, D, & Suparno (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 18(1).

BSNP. (2013). Kompetensi Inti dan kompetensi dasar mata pelajaran untuk SMA dan MA. Jakarta: BSNP-Depdiknas.

Sumarno, dkk,2015, IBM Kelompok Guru Matematika SMP/MTs Swasta Binaan Yayasan dan SMP Satu Atap se Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara yang Mengalami Kesulitan dalam Visualisasi Objek-objek Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i3.158-164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.