PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM PADA MINIATUR KAPAL PINISI DI KABUPATEN BULUKUMBA

Nurfadilah Karim, Agung Winarno, Agus Hermawan

Abstract


Dampak pandemi Covid 19 juga sangat dirasakan oleh pengrajin miniatur kapal pinisi yang berada di kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba karena keterbatasan pemasaran yang hanya mengandalkan offline store. Tujuan pengabdian ini untuk membantu pemilik usaha pengrajin dalam pemanfaatan media digital sebagai sarana dalam pemasaran hasil miniatur kapal pinisi di kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni memberikan sosialisasi pemasaran melalui media sosial, pendampingan pembuatan akun media sosial dan pembuatan konten promosi berupa gambar atau video. Hasil dari pengabdian menunjukkan adanya peningkatan penjualan miniatur kapal pinisi selama penggunaan pemasaran digital menggunakan instagram dan jangkauan pasar juga semakin luas.

Keywords


Miniature Pinisi Ship, Sales, Digital Marketing.

Full Text:

PDF

References


Aulia, R., & Dahriansah, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Sarana Promosi dan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 41–46.

Feriyana, W. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pemasaran “Tempe Kriuk” Ibu Yus Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1).

Harinie, L. T., & Hukom, A. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–59.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.

Mas’ ud, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Produk UMKM Logam di Kota Pasuruan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 185–197.

Puspitawati, N. M. D., & Suharto, G. N. (2021). PEMANFAATAN SOCIAL COMMERCE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM TEMPE WINA DI BR. BATUR, DESA UBUNG, BALI. Jurnal Bakti

Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan Ipteks, 10(2), 205–214.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123.

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3), 307–311.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Susanto, D. A., Anugrah, S., Rahmaliya, R., & Haris, O. (2021). Peningkatan Kapasitas UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Desa Caringin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 1(2), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.643-648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.