PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN : ANEKA OLAHAN PISANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI JUAL PISANG DAN PENGUATAN EKONOMI KELUARGA.

Laras Pratiwi, Suci Putri Lestari, Gista Rismayani

Abstract


Ekonomi kreatif (Ekraf) merupakan konsep pengembangan ekomomi di era digital revolusi industry 4.0. ekraf mengkolaborasikan informasi dan kreativitas kedalam faktor produksi sehingga menghasilkan produk yang berinovasi. Ekraf berfokus pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki ide kreatif sebagai faktor produksi utama. Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang merupakan Desa dengan penduduk mayoritas bermatapencaharian sebagai petani. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, masyarakan pra sejahtera I di Kecamatan Padaherang berdasarkan hasil pendapatan keluarga adalah 329 Keluarga. Data tersebut menunjukan bahwa masyarakat masih memerlukan gerakan-gerakan kreatif di bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Saat ini pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Padaherang masih belum berkembang. Masih banyak kaum perempuan yang hanya berdiam dirumah dan memiliki banyak waktu luang. Buah pisang merupakan salah satu komoditi terbesar di Desa Kedungwuluh Kecamatan Padaherang. Permasalahan saat ini adalah kurangnya inovasi dalam pemanfaatan buah pisang. Inovasi aneka olahan dari buah pisang tentunya akan meningkatkan nilai jual dari buah pisang itu sendiri.  Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan edukasi khususnya kepada kaum perempuan untuk berperan aktif terhadap ekonomi kreatif, sehingga mampu membantu perekonomian keluarga.



Keywords


Pemberdayaan Ekonomi perempuan; Aneka Olahan Pisang

Full Text:

PDF

References


Rangkuty, D. M., B, M., & Agustino, A. (2020). PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI EDUKASI KONSEP EKONOMI KREATIF INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BINJAI KOTA. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat No. 1 (2), 57-62.

Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2011). UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN USAHA KECIL (Studi diskriptif pada Kegiatan Usaha Kecil Ibu-ibu Desa Wirolegi Kabupaten Jember, Dampingan Pusat Studi Wanita UM Jember). Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan, 101 - 111.

Kemenppa. (2019, Maret 26). Ketahanan Ekonomi Perempuan. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1665/ketahanan-ekonomi-perempuan

https://bps.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.587-593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.