BERSATU UNTUK NEGERI MENGHADAPI COVID-19 DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PEMBANGUNAN DESA MANUNGGAL, KEC. LABUHAN DELI, KAB. DELI SERDANG

Febri Hanafiah, Nurhajijah Nurhajijah

Abstract


Desa Manunggal terdapat beberapa permasalahan yang terjadi ditengah pandemi covid 19, diantaranya masyarakat tidak mau memakai masker, rendahnya produktivitas pemuda setempat dikarenakan kurangnya niat dan minat pemuda setempat dalam bekerja, kurangnya kebersihan lingkungan, kurangnya minat anak-anak setempat dalam belajar. Tujuan kegiatan ini adalah mengajak dan meberikan pengertian kepada masyrakat terkhusus Manunggal Dusun I dan II, untuk dapat mengimplentasikan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19, dengan cara menggunakan masker disegala aktivitas dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Metode yang digunakan adalah dengan terjun langsung ke lapangan dengan mengamati aktivitas masyarakat di desa tersebut. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah masyarakat menerapkan protokol kesehatan tidak sepenuhnya keinginan mereka, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker dan menjaga lingkungan dalam memutus siklus penuluran. Terbukti, setelah diberikan pengertian sedikit mereka berperan aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hasilnya dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan telah terjadi perubahan berupa masyarakat lebih rajin menggunakan masker dalam setiap aktivitas, selalu menjaga kebersihan dan telah memanfaatkan lahan kosong menjadi Taman Apotek Hidup bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan.

 


Keywords


Covid-19, Cleanliness,Health Protocol.

Full Text:

PDF

References


Aly, A. H., Andry, A., Zulfahmy, A., arifin, F., Kumalasari, I., Noviyanti, L., ... & Anggraeni, W. F. (2021). “Apotek Hidup” sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat dalam mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). Vol. 1 (4).

Atmojo, J.T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., ... & Mubarak, A. S. (2020). Penggunaan Masker dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, dan Isu Terkini. Journal of Health Research. Vol 3 (2).

Hasibuan, R., Purba, R., C & Budianto, S. 2021. Penyemprotan Desinfektan sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Musholla Sadar Kelurahan Dwikora Medan. Jurnal Abdimas Mutiara. Vol. 2 (1).

Roanisca, O., Mahardika, R. G & Mayasani, N. 2021. Pendampingan Pembuatan Disinfektan dan Pembersihan Lingkungan dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI) Vol. 1(1).

Wahyuni, W & Fatmawati, S. 2020. Peningkatan Pengetahuan PBHS dan Penerapan Cuci Tangan dalam Upaya Pencegahan Covid-19 pada




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.578-582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.