PKM PELATIHAN MENGOLAH PRODUK PASTRY DAN BAKERY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KETERAMPILAN AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN MADRASAH ALIYAH PLUS SUMATERA BARAT

Juliana Siregar, Al Ikhlas Al Ikhlas, Wirnelis Syarif

Abstract


Madrasah Aliyah (MA) Plus Keterampilan merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kemajuan social ekonomi bangsa. Melalui program keterampilan yang diikuti siswa saat sekolah, dapat mengantisipasi lulusan MA yang tidak dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi, mereka dapat mendirikan usaha sendiri atau bekerja  ke dunia usaha/industry sesuai dengan program keterampilan yang diikutinya saat menempuh pendidikan MA. Namun, dalam proses pelaksanaannya, fasilitas praktek mata pelajaran keterampilan beberapa MA di Sumatera Barat belum memadai sehingga tujuan pembelajran mata pelajaran praktek belum tercapai maksimal.  Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran praktek keterampilan di jenjang pendidikan MAN, maka tim pengabdi merasa tertarik  memberikan pelatihan kepada guru tentang berbagai keterampilan olahan produk yang sedang digemari dikalangan masyarakat, khususnya keterampilan dibidang Pastry dan Bakery menggunakan bahan dan alat yang sederhana. Melalui kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tim pengabdi ini, pengetahuan guru tentang berbagai macam olahan Pastry dan Bakery yang mudah dalam pengolahannya semakin luas, sehingga saat akan memberikan materi tentang olahan pastry dan Bakery di kelas, kratifitas guru tidak dibatasi oleh kurang lengkapnya fasilistas praktek di sekolah.


Keywords


Pelatihan, Pastry, Bakery

Full Text:

PDF

References


Ana Rokhayati, dkk. 2017. Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor Studi Pada Hayashi Toys Industri Cilegon. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM/article/view/3147

Astuti, Ni Made Erpia Ordani Astuti. 2018. Pelatihan Pastry dan Bakery (Pembuatan Breakfast Roll, Japanese Type Softroll dan Raisin Roll) Bagi Siswa/Siswi SMK Harapan Denpasar: Jurnal.undhirabali.ac.id.

Keputusan Menteri Agama Nomor 184. 2019. Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah : Direktorat Jrnderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1023 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggara Program Keterampilan di Madrasah Aliyah.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4924 Tahun 2016 tentang Penetapan Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keterampilan.

Maryati, wiwik. 2012. Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Entrepreneurship Untuk Mengembangkan Wirausahawan Kecil Menghadapi Persaingan Global. Prosiding seminos Competitive Advantage: http://journal.unipdu.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1076-1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.