PENGENALAN COMPUTATIONAL THINKING DAN BEBRAS TASK SEBAGAI KETERAMPILAN BERPIKIR DI ABAD 21 UNTUK GURU SD DAN SMP SUNGAILIAT

Indah Riezky Pratiwi, Ahmat Josi, Parulian Silalahi

Abstract


Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Computational Thinking dan Bebras Task untuk para guru SD dan SMP. Melalui pelatihan pelatihan Computational Thinking dan Bebras diharapkan dapat memberikan banyak manfaat kepada guru untuk menambah keterampilan dan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan mengimpementasikan teknik-teknik yang digunakan software engineer ke dalam setiap masalah yang terjadi. Ada 4 teknik yang digunakan yaitu dekomposisi atau memecah-mecah, pengenalan polaabstraksi atau mengambil hal penting, algoritma atau pentahapan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan survey ke lokasi mitra, merencanakan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Kegiatan ini diselenggarakan di SMPN 5 Sungailiat, Bangka selama satu hari. Hasil kegiatan pelatihan Computational Thinking dan Bebras untuk para guru SD dan SMP berjalan dengan baik dengan adanya peningkatan keterampilan dan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan mengimpementasikan teknik-teknik yang digunakan software engineer.


Keywords


bebras, computational thinking, guru, keterampilan, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI, 50-56.

Dagiane, V., & Sentance, S. (2016). It’s Computational Thinking! Bebras Tasks in the Curriculum. Springer.

Endah, S. N., Sarwoko, E. A., Bahtiar, N., Wibowo, A., & Kurniawan, K. (2020). Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar. E-DIMAS:Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1-6.

Loannidou, A., Bennett, V., & Repenning, A. (2011). Computational Thinking Pattern.

Rosadi, M. E., Wagino, alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk Dalam 3. Jurnal SOLMA, 45-54.

Bebras.ori.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.252-258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.