GERAKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SEBAGAI UPAYA PREVENTIF PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DI DESA TIRTOSARI KECAMATAN KRETEK, BANTUL

Kristiani Kristiani, Adnan Briantoni, Candra Mustika Dewi, Ersya Afiliana Hafiz Fadhila, Franciska Deliphia Sunarya, Fuad Ega Dwi Syah Putra, Marieza Pratiwi Nuryanti, Rizka Akmalia, Widya Chrisna Manika

Abstract


Masyarakat Mulekan 1 menyadari bahwa pola hidup yang baik akan meningkatkan taraf kesehatan dan usia harapan hidup yang lebih panjang, sehingga terus berusaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan. Dalam rangka mewujudkan PHBS di Mulekan 1 dilakukan Pengabdian Pada Masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Untuk mencapai tujuan, pengabdian pada masyarakat dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu pembekalan mahasiswa KKN, koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat, implementasi lapangan yang terdiri dari kegiatan penyuluhan dan fasilitasi. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan telah berjalan baik dengan beberapa kegiatan yaitu koordinasi, sosialisasi, penyuluhan, dan fasilitasi peralatan pendukung, serta monitoring dan evaluasi. Masyarakat Pedukuhan Mulekan 1 memberikan tanggapan dengan berpartisipasi aktif mengikuti program pengabdian pada masyarakat dan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari–hari dengan baik. Masyarakat merasa mendapatkan wawasan, pengalaman dan keterampilan dalam penerapan PHBS. Program pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret 275 telah memberikan manfaat yang luas, ketika terjadi pandemi Covid–19, masyarakat sudah siap melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Keywords


PHBS, Covid-19, Program, Fasilitas, Sosial

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Nelwan, J.E. 2019. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Masyarakat Tentang Hipertensi Di Kota Manado. Journal Public Health Without Border 1 (2): 1-7. Patilaiya, H.L. dan H. Rahman. 2018.

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2 (2): 251-258.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 03 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian.

Setiawan, A. N. (2021). Penguatan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih di Masa Pandemi Covid-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 102-109.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.301-308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.