PELATIHAN PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN LAPORAN KEUANGAN KOPERASI RIDING

Darma Yanti, Saekarini Yuliachtri, Lesi Agusria, Diah Isniati Asiati, Ervita Savitri

Abstract


Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam upaya memajukan koperasi yang ada di desa mereka pada umumnya dan membina pengelolaan keuangan serta penyusunan laporan keuangan koperasi pada khususnya. Melalui kegiatan pembinaan ini sangat diharapkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia para pengelola koperasi sehingga terciptanya pengelolaan koperasi yang sehat, baik dan benar sesuai dengan peraturan pemerintah dan seperti apa yang diharapkan masyarakat untuk kemajuan bersama. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui dua tahapan, dimana tahapan pertama obervasi, pengarahan , penyampaian materi dan pembinaan secara berkelanjutan yang dapa tahap pertama ini kami merancangkan format laporan keuangan koperasi dengan aplikasi microsof office excel. Hasil dari kegiatan pengabdian ini bahwa para pengelola koperasi memahami konsep dasar dari tata Kelola keuangan koperasi dan penusunan laporan keuangan koperasi.


Keywords


Pengelolaan Keuangan, Laporan Keuangan Koperasi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Johar, 2002, Manajemen Koperasi. Jakarta : Gramedia.

Djarwanto. 2001. Pokok-poko Analisa laporan keuangan, cetakan kedepalan, Maret 2001. Yogyakarta : BPFE.

Mardiansyah, Achmad Bayu. 2015. Penerapan Sistem Akuntansi Utama untuk menyajikan Laporan keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Koperasi Pionir Desa Meranjat, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2016, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta : Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2020 Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Jakarta : Salemba Empat.

Rudianto. 2010. Konsep dan Tujuan Koperasi. Jakarta.

Republik Indonesia, 2017. Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 02/PER/M.KUKM/II/2017 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 15/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang usaha simpan pinjam oleh koperasi. Jakarta. Republik Indonesia, 2017.

Sattar. 2017. Buku Ajar Ekonomi Koperasi. Yogyakarta : CV. Budi Utama

Sujadi. 2003. Manajemen Koperasi. Surakarta : Fakultas Ekonomi UMS.

Pedoman Umum Akuntansi Koperasi, 2011

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 02/PER/M.KUKM/II/2017. Republik Indonesia, 2012. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang koperasi. Jakarta : Lembaran Negara Republik Indonesia

Undang-undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.224-229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.