PEMANFAATAN GOOGLE FORM SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman guru dalam memanfaatkan google form sebagai instrument belajar siswa di SD. Kegiatan ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu metode Participatory Rural Apraisal (PRA). Metode PRA tersebut dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan Refleksi. Pada tahap persiapan, dari kebijaksanaan yang diambil dalam pembelajaran daring, ditemukan berbagai masalah dalam pendistribusian evaluasi belajar, untuk itu dipersiapkan berbagai alat dan bahan dalam pelaksanaan kegiatan. Pada pelaksanaan, guru terlihat sangat antusias dan mampu mengembangkan berbagai bentuk soal pembelajaran dari pilihan ganda, isian, dan mencocokkan. Pada tahap refleksi didapat hasil pretes dan postes yang meningkat. Diharapkan pengabdian ini dapat terus dilakukan khususnya dari segi fleksibiltasnya dalam pembelajaran daring
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, B. S. W. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(7), 21–22.
Hudayana, B., Kutanegara, P. M., Setiadi, S., Indiyanto, A., Fauzanafi, Z., Nugraheni, M. D. F., Sushartami, W., & Yusuf, M. (2019). Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya, 2(2), 3. https://doi.org/10.22146/bb.50890
Mobo, F. D. (2020). Effectiveness Of Asynchronous Distance Learning Amidst The New Normal. International Journal On Orange Technologies, 02(December), 54.
Pratama, Y., Boeriswati, E., & Murtado, F. (2019). Penggunaan Google Classroom. 1(http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/issue/view/61). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/661
Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.15294/pls.v3i2.34913
Salamah, U. (2018). penjaminan mutu, penilaian pendidikan. 2(1), 274–293.
Sari, E. E., Usman, & Hakim, A. (2020). Effectiveness of Using Google Forms in the Problem Based Learning Model to Increase the Critical Thinking Ability of High School Students. 432(Esic 2019), 4–7. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200417.002
Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan. 3(1), 16–22. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67
Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian (E. Mulyatiningsih (ed.); Sepuluh). CV Alfabeta.
Tria Mardiana, A. W. P. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th Univerfsity Research Colloquium 2017, 183–188.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.177-183
Refbacks
- There are currently no refbacks.