MEKANISME PEMBUATAN SIRUP JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) YANG BERGUNA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DALAM SUASANA COVID-19

Sakral Hasby Puarada, Riris Nadia Syafrilia Gurning, Misril Fuadi

Abstract


Saat ini, penyebaran infeksi Corona Virus Disease (COVID) -19 belum berhenti di banyak negara di dunia. Jika kita cermati dari kasus pertama Covid-19 di Wuhan, China pada akhir Desember 2019, jumlah kasus yang terinfeksi virus tersebut tidak berkurang. Kasus virus corona telah mencapai lebih dari 43 juta. Untuk sensus ini, 1.157.714 orang meninggal, atau 5.580 per 1 juta orang. Obat herbal telah lama menjadi obat tradisional. WHO menjelaskan bahwa 65% penduduk negara berkembang menggunakan obat tradisional. Jahe adalah salah satu tanaman biofarmaka yang paling sehat dan efektif. Ada banyak jenis yang tersedia di pasaran. salah satunya adalah varietas jahe merah. senyawa dari tanaman jahe memiliki aktivitas anti-bakteri. Senyawa ini memiliki fungsi yang kuat untuk mencegah bakteri. Salah satu produk olahan jahe yang dapat dihasilkan adalah sirup jahe. Sirup jahe merupakan produk olahan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti teh dan kopi di masa wabah saat ini. Selain itu, pengolahan agroindustri komoditas jahe dapat menghasilkan pendapatan diluar dari pendapatan yang biasanya didapatkan dari pekerjaan utama.


Keywords


Jahe, Hortikultura, Biofarmaka, Sirup, Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Aryanta, I. W. R. 2019. Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan. Vol.1 No.2.

Hanoatubun, S. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Kusuma, I.F., Munandar, K., Eurika, N. 2019. Pengaruh Ekstraks Jahe Merah (Zingiber Officinale Var.Rubrum) Terhadap Daya Hambat Pertumbuhan Bakteri Streptococcus Mutans. Jurnal Biologi dan pembelajaran Biologi. p-ISSN 2527, e-ISSN 2528-165.

Nurisman, E., Syaiful, Emilia, T., Melwita, E. 2020. Edukasi dan Pelatihan Daring (Online) Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Dasar Herbal Di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Seminar Nasional AvoER XII 2020. 18 – 19 November 2020.

Pairul, P.P.B., Susanti., Nasution, S.H. Jahe (Zingiber Officinale) Sebagai Anti Ulserogenik. Profession Journal Of Lampung. Volume 7. No.5. Bandar Lampung.

Susilo, A., C. Martin Rumende, Ceva W Pitoyo1, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan, Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, Erni J Nelwan, Lie Khie Chen, Alvina Widhani, Edwin Wijaya, Bramantya Wicaksana, Maradewi Maksum, Firda Annisa, Chyntia, OM Jasirwan, Evy Yunihastuti. 2019. Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol 7, No. 1, 45 – 67.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.68-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.