OPTIMALISASI PERENCANAAN KARIR SISWA MELALUI TEKNIK BIMBINGAN MANAJEMEN DIRI BERBASIS MINDMAPPING IMINDMAP V4

Gusman Lesmana, Sri Nagyomi Yudha Wastuti

Abstract


Program Penelitian dan Pengabdian ini dibuat dan dikembangkan bertujuan untuk mencapai peningkatan hasil pembelajaran siswa yang secara khusus mematangkan perencanaan karir melalui penyusunan mapping melalui aplikasi imindmap v4 secara daring. Ini berkaitan dengan pelaksanaan bimbingan karir yang merupakan bantuan yang diberikan kepada individu untuk memilih, mempersiapkan diri dan memangaku suatu jabatan serta mendapat jabatan kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 40 peserta didik kelas XII IPS di SMA Muhammadiyah 07 Serbelawan yang memiliki perkembangan karir dalam kategori sangat rendah dan rendah. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 20.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis diperoleh t-hitung = 3,869 dan t-tabel = 1.684 sehingga diperoleh hasil  t-hitung > t-tabel (3,869 > 1.684) dengan koefisien korelasi 0,931 yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa metode mind mapping dalam perencaan karir secara signifikan memberikan pengaruh terhadap kematangan perencanaan karir siswa.

Keywords


: i mind mapping, perencanaan karir, kematangan perencanaan karir

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map, terj. Susi Purwoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gani, Ruslan, A. 2012. Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.

Greenbank, P., Hepwoert, S. & Mercer, J. 2009. Term-Time Employment and The Student Experience. Education and Training, 51 (1).

Purwaningsih & Priyasudiarja. 2014. Pintar Bahasa Inggris Dengan Mind Map. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Super, D.E. 1973. The Psychology of Career: An Introduction to Vocational Development. New York: Happer.

Sharf, Richard. 1992. Applying Career Development Theory to Counseling. California: Brooks/ Cole Publishing Comapny.

Supriatna, Mamat. 2009. Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional UPI.

Supriatna, Mamat dan Nandang Budiman. 2010. Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah Kejuruan (e-book). Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, K. 2018. Korelasi Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Terhadap Perencanaan Karier. Jurnal Fokus Konseling , 4(1), 136-142.

Sugiyono, 2010. Statistik untuk Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Supriatna, Dadang. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran Pusat Pengembngan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.129-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.