PELATIHAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM PENGELOLAAN ASET PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SINGKAWANG

Ibnur Rusi, Ilham Syah, Renny Puspita Sari, Dian Prawira, Nurul Mutiah, Syahru Rahmayuda, Ferdy Febriyanto

Abstract


Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Jurusan Sistem Informasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pegawai dan keterampilan, serta mengatasi permasalahan yang dialami oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Singkawang dalam pengelolaan aset yang dimiliki. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat menjadikan aset-aset pada Dishub Kota Singkawang lebih terstruktur, terkomputerisasi, sistematis, dan terintegrasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pelatihan terstruktur, dalam artian sebelum pelatihan terlebih dahulu dilakukan survey untuk menggali permasalahan, kemudian dilanjutkan mencari solusi atas masalah dengan membangun sistem, koordinasi persiapan kegiatan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Evaluasi kegiatan dilakukan 2 kali, yaitu sebelum dan setelah kegiatan pelatihan. Hasil dari kegiatan adalah semakin meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pegawai Dishub dalam mengelola aset, semakin tingginya kesadaran pegawai akan pentingnya pengelolaan aset, serta terbantunya Dishub dengan adanya sistem informasi pengelolaan aset yang dibuat oleh tim PKM. Berdasarkan perhitungan dari evaluasi yang diberikan, peningkatan pengetahuan dan pemahaman pegawai meningkat dari 34,8% menjadi 92,4%.


Keywords


sistem informasi geografis, pengelolaan aset, dinas perhubungan

Full Text:

PDF

References


Andriani, Susi. 2020. Pengaruh Manajemen Aset Terhadap Optimalisasi Pemanfaatan Aset Tetap Pemerintah Kota Palembang. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, Vol. 4 No.1, pp. 22 – 33.

International Financial Reporting Standards (IFRSs). 2008. International Accounting Standard No.16, Property, Plant and Equipment.

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-4. Liberty. Yogyakarta.

Pambudi, dkk. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web Untuk Optimalisasi Penelusuran Aset Di Teknik Industri Undip. Jurnal Teknik Industri, Vol. XI, No. 3, pp.81 -91, September 2016

Peraturan Wali Kota (Perwako) Singkawang Nomor 07 tahun 2020

Siregar, Doli. D. 2018. Management Aset Strategi Penataan Konsep Pembangunan Berkelanjutan secara Nasional dalam Konteks Kepala Daerah sebagai CEO’s pada Era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winata, Rico dan Rahayu, Sarwati. Sistem Informasi Manajemen Aset IT di PT. Nissin Foods Indonesia. Jurnal Cendikia Vol. XVII, pp. 331-337, Oktober 2019

Yuwono, Muhammad dkk. 2020. Pelatihan Anbuso, Zipgrade, dan Google Form Sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran di Era Digital. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 3 Nomor 1, pp. 49 – 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1025-1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.