(2) Yuni Utami
(3) Faridah Faridah
*corresponding author
AbstractPermasalahan yang dihadapi oleh sebagian guru MGMP Ekonomi SMA adalah kurang pahamnya guru terhadap pasar modal dan mekanismenya, sehingga materi tersebut tidak tersampaikan dengan baik kepada siswa. Maka kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan kemampuan guru ekonomi dalam memahamkan materi pasar modal kepada siswa, 2) Guru dapat menjadi mediator juga fasilitator untuk para investor baru dikalangan muda, 3) Mindset guru terhadap investasi surat berharga di lantai bursa diharapkan berubah. Metode program meliputi metode kegiatan dan metode pemecahan masalah. Berdasarkan hasil pelaksanaan meyimpulkan bahwa: 1) Masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru Ekonomi di SMA terkait penguasaan materi pasar modal yang membutuhkan pemahaman mendalam bagi guru. 2) Guru ekonomi SMA yang tergabung dalam MGMP Ekonomi memperoleh materi mengenai pasar modal dengan lebih kompleks. 3) Peserta antusias untuk berinvestasi melalui smart phone yang mereka miliki setelah mengetahui bahwa untuk berinvestasi di pasar modal sangat mudah, murah dan praktis. Apabila antusiasme ini dibawa ke kelas pada proses pembelajaran, maka akan muncul banyak investor lokal dari kalangan muda yang berasal dari siswa. KeywordsPasar modal, investasi, guru ekonomi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v4i3.875-880 |
Article metricsAbstract views : 390 | PDF views : 1120 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Bhima Yudistira, 2019. Pasar Modal RI dibanjiri Dana Asing. www. economy.okezone.com diunduh 6 Oktober 2019
Kunandar, 2007. Guru Profesional Jakarta: Raja Grafindo Persada
Salomons, R. and Grootveld, H.. 2003. The Equity Risk Premium: Emerging Versus Developed Markets. Emerging Markets Review
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download