PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA AKUNTANSI MENGGUNAKAN APLIKASI ACCURATE VERSI 5 DI SMK KARYA BHAKTI BREBES

Dewi Kartika, Andri Widianto, Hetika Hetika, Erni unggul Sedya Utami, Ajeng Anindita

Abstract


Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kompetensi siswa akuntansi menggunakan aplikasi Accurate Versi 5 di SMK Karya Bhakti Brebes. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan kompetensi siswa SMK Karya Bhakti Brebes serta terjalinnya kemitraan antara Politeknik Harapan Bersama Tegal dan SMK Karya Bhakti Brebes.  Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah terkait dengan perumusan masalah yang telah diungkapkan. Adapun langkah- langkah atau metode pelaksanaan kegiatan meliputi: pemetaan(mapping), Wawancara, dan Perumusan masalah dan Solusi. Analisis data kegiatan ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman cara mensetup data awal perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, meningkatnya keterampilan siswa dalam mengimport data dari microsoft excel ke dalam Accurate education book versi 5 serta menyajikan laporan keuangan (laba rugi, neraca, laba di tahan, arus kas) dan menyajikan ke dalam file pdf.


Keywords


Kompetensi, Accurate

Full Text:

PDF

References


Aisiyah, Siregar Siti. 2018. Belajar Mudah Akuntansi Dasar (Perusahaan Jasa). BAO Publishing

Astuti, Annisa P. (2003). Pengaruh Dukungan Organisasi terhadap Hubungan Computer Anxiety dengan Keahlian Auditor Menggunakan Teknik Audit Berbantuan Komputer. Skripsi S-1 UNS (tidak dipublikasikan). Fakultas Ekonomi UNS.

Suciono dan Noviar. 2014. Modul Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Penerbit Erlangga

Susilo , Didiek dan Karmi. 2018. Komputer Akuntansi Dengan MYOB Accounting. Pustaka Mulia.

Helmayunita, Nayang. Serly, Vanica. Honesty, Helga Nuri. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru SMK Dalam Bidang Komputer Akuntansi. Wahana Riset Akuntansi, Vol. 7, No.2 Oktober 2019, 1521-1528.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.265-269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.