PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK MELALUI POLA ASUH YANG TEPAT

Melyani Sari sitepu, Karina Wanda

Abstract


Program kemitraan masyarakat yang dilakukan ini melibatkan dua mitra yaitu Kepala Lingkungan 08 dan Kepala Lingkungan 11 Kelurahan Tanah Enamr Ratus yang mengarahkan anak-anak setempat dan sebagai penyedia tempat pada acara yang akan dilaksanakan. Adapun masalah yang ditemukan adalah (1) Masih banyak ditemukan anak-anak berbicara kasar dan mengejek temannya pada saat bermain (2) melakukan kekerasan fisik dengan alasan bercanda dan bermain  (3) pendidikan sebagian orang tua masih rendah (4) pemahaman orang tua tentang pola asuh masih rendah, (5) orang tua sibuk bekerja sehingga interaksi dengan anak kurang (6) kekerasan fisik terjadi saat bermain. (7) Banyaknya anak-anak ikut-ikutan pergaulan bebas, bahkan tanpa segan melakukan kekerasan verbal dan fisik kepada temannya Untuk mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi mitra, maka solusi  yang akan dilakukan adalah (1) Mengadakan sosialisasi tentang bullying dan dampak bullying pada anak (2)  Mengadakan berbagai macam pola asuh dan dampaknya pada perilaku anak, (3) Mengadakan pelatihan bagaimana berkomunikasi yang efektif dalam keluarga, teman sebaya, agar komunikasi yang baik terjalin antara teman sebaya dan orangtua. (4) Mengadakan evaluasi kepada mitra yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan tentang pemahaman mereka terhadap pencegahan bullying melalui pola asuh yang tepat yang disampaikan. Dalam melaksanakan  program ini maka target yang akan dihasilkan adalah memberikan pemahaman tentang bagaimana pola asuh yang tepat  sebagai tindakan pencegahan bullying sehingga tidak terjadi perilaku bullying.Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini orang tua dapat mengidentifikasi perilaku bulyying pada anak-anaknya, mampu menerapkan pola asuk yang tepat melalui jalinan komunikasi yang efektif untuk membangun rasa percaya diri anak, sehingga perilaku bullying menurun.


Keywords


Bullying in children, Proper Parenting

Full Text:

PDF

References


Artha, D. J. (2016). Pengaruh Pemilihan Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Sosialisasi AnakE. EduTech , 18-26.

Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang : UIN Malang Press

Indainanto, Y. I. (2020); Relasi Poliitik, Bullying dan Etika Mengenai Isu “Muslim Uighur” di Media sosial. Interaksi; Jurnal Ilmu Komuniikasi , 68-85.

Kusuma, M. P. (2016) Perilaku Bullying di Sekolah Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Delegan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mawaddah Nasution, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam , 10, 117-140.

Mhd Teguh Syuhada Lubis, F. F. (2021). Gerakan Edukasi Hukum Bagi Pemuda Di Kecamatan Percut Sei Tuan Dalam Rangka Pencegahan Paham Radikalisme. Jurnal Ihsan, 3 (1), 23-37

Munir Rotun, A. A. (2021). Hubungan Antara Penalaran Moral Dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying. BIBLIO COUNS; Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan

Putu, dkk, 2014. Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-lakii di SMA Negeri 1 Semarapura, Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 1, No. 2, 2014.

Permana, S. (2019). Penanganan Perilaku Bullying pada Siswa. Biblio Couns , 2 (1), 47-60.

Sarwono, Sarlito W.2005. Psikologi Remaja. Jakarta : rajawali Pers.

Sjarkawi, 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta : Bumi Aksara.

… … … . h t t p : / / w w w . a n t a r a . c o . i d / i n d e x .php?id=33112. Selamatkan Putra/I Anda dari Bullying. Jakarta. 5 Mei 2006.

Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Intervensi Sosial dan Pembangunan , 50-58.

Zakiyah, dkk (2017) Faktor yang Mempengaruhi Remaje Dalam Melakukan Bullying‟, Jurnal Penelitian & PPM Unpad, 4, pp. 324–330




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.9-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.