PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR ONLINE BAGI GURU SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Nurhasanah Nasution, Zulfahmi Zulfahmi, Faizal Hamzah Lubis, Sigit Hardiyanto

Abstract


 

Kegiatan pada program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru SMK Yayasan Pendidikan Harapan Stabat Kabupaten Langkat dalam mengembangkan, meningkatkan motivasi dan kemampuan dalam menggunakan media belajar online dengan konten yang menarik. Hasil yang diperoleh dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat maka dapat diperoleh sosialisasi program kegiatan oleh tim pengabdian tentang bagaimana pemanfaatan media belajar online bagi guru SMK Yayasan Pendidikan Harapan pada saat mengadapi pandemi covid-19, manajemen belajar efektif saat pandemi covid-19, pelatihan menggunakan media belajar online (daring), strategi guru dalam memberikan rasa sukses belajar daring bagi siswa di SMK Yayasan Pendidikan Harapan Stabat. Dari kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pemanfaatan media belajar online bagi guru SMK Yayasan Pendidikan Harapan di masa pandemi covid-19 ini dapat memberikan kontribusi bagi guru SMK Yayasan Pendidikan Harapan seperti informasi yang berkembang seperti manajemen pembelajaran efektif di masa pandemi, memanfaatkan platform medsos (media sosial) menjadi saluran pembelajaran daring, serta tips sukses belajar daring bagi siswa.


Keywords


Pemanfaatan Media Belajar Online, Strategi Pembelajaran, Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Musrayani, dkk. 2020. Pemanfaatan Sistem Kelola Pembelajaran ((Sikola) Sebagai Media Pembelajaran Daring (Online) Bagi Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Masa Pandemi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Humanis Vol 19 No. 2, Agustus 2020)

Sutikno, Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu: Adab

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Zainal Muttaqien. 2011. Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah. Artikel Ilmiah. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.702-705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.