PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELALUI MANAJEMEN USAHA DAN PENERAPAN TEKNIK PEMASARAN DI KERUPUK TERASI EL3 KABUPATEN INDRAMAYU
Abstract
Dari pelaksanaan Pemberdayaan msyarakat di UKM Kerupuk Terasi EL3 selama kurang lebih 40 hari, ada beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi seperti tidak adanya pemasaran online seperti digital marketing dan media sosial. Beberapa solusi yang dapat kami berikan diantaranya yaitu, membantu membuatkan akun media sosial, mempromosikan produk secara online, membuat strategi pemasaran promosi di Era Revolusi Industri 4.0, serta pemberian alat pengepress (Impluse Sealer). Selain itu, dari UKM Kerupuk Terasi EL3 juga kami mendapatkan ilmu sekaligus pengalaman dalam menjalankan sebuah usaha serta mengetahui proses produksi hingga pemasaran produk
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhasanah, J. U., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com)
Darwanto (2013), “Peningkatan Daya Saing UMKM berbasir Inovasi dan kreativitas (Strategi Penguatan Property Right terhadap Inovasi dan kreativitas)”, Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 20, No. 2 ISSN: 1412-3126.
file:///C:/Users/hp/Documents/Laporan%20PKL/LAPORAN_PKL_MANAJEMEN_PEMASARAN.pdf
file:///C:/Users/hp/Documents/Laporan%20PKL/Laporan%20Magang%20Rahmat%20Nurul%20Fauzi%20(fix)-1.pdf
https://databoks.katadata.co.id/tags/pengguna-media-sosial
https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
Kotler, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009).Marketing management(13th ed.). Upper Saddle River, NJ: PrenticeHal
Lestari, W., Syarief, R., & Sumantadinata, K. (2013). Strategi Peningkatan Daya Saing Kakao Indonesia Di Pasar Internasional. Manajemen IKM, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.1016/S0960-8524(03)00155-X
Nurzamzami, Ayatusyifa. Siregar, E. H. (2014). Peningkatan Daya Saing UMKM Alas Kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(1), 15–29. Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/view/12127
Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A., & Widiastuti, A. (2012). Analisis Tingkat penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 89–104.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Sanjaya, R., & Tarigan , J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
UPB, J. (2019). UMKM Pembinaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Menggunakan Google My Business. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(01), 5–7.
Wangmo, Chokey (2015), “Small Medium Enterprise (SME) Bank Financing Constraints In Developing Countries: A Case Study Of Bhutan”, International Journal of Arts & Sciences, 08(05), 569–590
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.657-668
Refbacks
- There are currently no refbacks.