SOSIALISASI PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA DAYAH BABUSSSALAM ACEH UTARA, ACEH

Husni Kamal

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman santri dayah Babussalam mengenai gambaran, akad dan produk yang diaplikasikan dalam perbankan syariah. Metode pengabdian dalam Kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahapan, pertama dengan menjelaskan gambaran umum mengenai perbankan syariah kepada santri, yang kedua melakukan diskusi dengan santri terkait akad yang mereka pelajari dalam kitab kuning pada bab  muamalah, tahapan yang ketiga membuat simulasi atau praktik dimana santri sebagian menjadi Costumer service dan sebagiannya lagi menjadi nasabah. Temuan dalam penelitian ini dimana para santri pada dasarnya memahami akad-akad yang ada dalam muamalah serta praktiknya secara tradisional, namun mereka kurang memahaminya ketika akad tersebut diaplikasikan menjadi produk dalam perbankan syariah. Hal ini terjadi karena kurang optimal dan merata kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait termasuk kepada pesantren. Adapun hasil dari pengabdian ini meningkatnya pemahaman peserta tentang akad ataupun produk dalam perbankan syariah dan perlunya ditingkatkan sosialisasi keuangan syariah untuk pesantren.


Keywords


Islamic boarding schools, Islamic banking products, Islamic banking

Full Text:

PDF

References


Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktik). CV Penerbit Qiara Media.

Dewi, G. (2007). Aspek-aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia. Kencana Prenada Media Group.

Hidayat, & Emir, S. (2015). Meningkatkan Prefensi Publik Terhadap Keuangan Syariah. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Islam Republika.

Ismail Ya’kob. (2001). “Dayah Manyang” dalam Muliadi Kurdi (Editor), Kajian Tinggi Keislaman. Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan.

Ivan Rahmat Santoso. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Implementasi Akad-akad dan Produk Perbankan Syariah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 193.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. INIS.

Muhammad. (2014). Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah. Rajawali Pers.

Saragih, C. A. P., Pardede, A. M. H., & Lumbanbatu, K. (2018). , Simulasi Antrian Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Gamma. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 2(1), 16.

Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan Terhadap Minat dan Kepuasan Nasabah. Jurnal Economia, 10(2), 142.

Syakur, A. (2018). Revitalisasi Ilmu Fiqh di Pesantren: Agenda Memperkuat Kontribusi Terhadap Ekonomi Islam di Indonesia. Jurnal Qawanin, 2, 86.

Wahid, M., Suwendi, & Dkk. (1999). Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Pustaka Hidayah.

Wiroso. (2011). Produk Perbankan Syariah. LPFE Usakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.644-652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.