PENINGKATAN KREATIVITAS MASYARAKAT DALAM MENGELOLA BUAH NANAS UNTUK MENUNJANG EKONOMI YANG SEMAKIN MENURUN

Dwi Purwanto, Fitria Sumarni, Anistia Dwi Aprilianti, Sasi Sasi, Siti Ropiah, Mela Mela, Sony Pranata, Siska Amelia, Wulan Wulan, Oktarina Oktarina

Abstract


Desa bikang memiliki potensi pertanian buah nanas yang cukup besar dan terkenal, buah nanas yang di hasilkan dari pertanian desa bikang memiliki perbedaan dengan nanas lainnya. Mayoritas pekerjaan masyarakat desa bikang Kecamatan Toboali sebagai petani yang menghasilkan buah nanas. Melimpahnya buah nanas di desa bikang menjadi salah satu alasan tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di desa bikang, salah satu produk olahan yang di hasilkan oleh ibu-ibu UMKM yaitu sirup nanas. Permasalahan yang dihadapi oleh ibu-ibu UMKM yang memproduksi olahan nanas ialah ketika permintaan konsumen meningkat dan buah nanas yang dihasilkan dari petani tidak memadai sehingga kesulitan untuk memproduksi sirup nanas. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi perencanaan manajemen dan tata kelola ibu-ibu UMKM pelatihan penggunaan alat pembuatan kemasan produk atau packing pembuatan dan pengolahan nanas.


Keywords


Produk, Pengolahan Sirup Nanas, dan Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Akbari, T., & Khadijah, A. 2020. Sosialisasi business model canva untuk pengembangan usaha emping melinjo di Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Jurnal pengabdian pada Masyarakat, 5(2), 384-389.

Aristin, N. 2020. Upaya promosi pariwisata daerah melalui pelatihan penyelenggaran pentas seni sekolah di kecamatan pangalengan, Kabupaten Bandung: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 239-248.

Cendikiawan. 2020. ‘kreativitas pengelola BUMDES desa sipatuhu dalam mempromosikan produk makanan olahan melalui website’. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol.5, Nomor. 4, Hlm.1097.

Cendikiawan. 2019. Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui olahan Buah nanas di Dsa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1. Hlm. 66-74.

Hutagalung, S. S, Hermawan, D., & Muliana, M. 2020. Website desa sebagai media inovasi Desa di Desa Bernung Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian pada masyarakat, 5(2), 299-308.

Mulyawan, Rahman. 2016. Masyarakat, Wilayah, dan Pembangunan. Hlm. 48-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.424-431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.