PENYULUHAN ALAT PRAKTIKUM INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU KIMIA KOTA PALEMBANG
Abstract
Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh guru kimia adalah minimnya ketersediaan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan praktikum di laboratorium. Pada program studi pendidikan kimia Universitas Sriwijaya telah dilaksanakan beberapa riset/penelitian yang berkaitan dengan inovasi alat praktikum kimia. Salah satunya yaitu penelitian “Pengembangan Alat Elektroforesis Koloid Melalui Modifikasi Sumber Arus Listrik”. Oleh karena itu perlu dilakukan penyuluhan mengenai alat praktikum inovatif yang telah dikembangkan melalui riset/penelitian tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam tiga tahapan: penyampaian materi, praktik langsung, dan evaluasi. Tahap persiapan mencakup koordinasi antara pengabdian dan pihak terkait. Pada tahap pelaksanaan, materi disampaikan melalui presentasi, diikuti dengan praktik penggunaan alat elektroforesis koloid oleh peserta. Dari kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa khalayak sasaran pada mulanya terkendala melakukan praktikum dikarenakan kurangnya fasilitas. Dengan diperkenalkan dan dipraktikkan penggunaan alat praktikum inovatif, khalayak sasaran menjadi berminat dan membuat ide untuk mengembangkan alat praktikum inovatif lainnya yang sesuai dengan materi SMA. Alat praktikum inovatif ini mudah digunakan oleh guru dan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Astuti, “RELEVANSI KEGIATAN PRAKTIKUM DENGAN TEORI DAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR LANJUT Resti T Astuti ORBITAL : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA,” Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 4, no. 1, 2020.
L. Inayah and A. P. Astuti, ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN PEMBELAJARAN LABORATORIUM DALAM PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 9 SEMARANG. 2017.
[A. M. Wibowo, “PenIngkATAn PeMAHAMAn kOnSeP PeRUBAHAn MATeRI MelAlUI PeRBAIkAn BAHAn AJAR,” 2013.
I. M. Sadjati, P. Rospina, P. Fmipa-Ut, J. C. Raya, P. Cabe, and T. Selatan, “PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENYELENGGARAAN PRAKTIKUM PADA PENDIDIKAN TINGGI TERBUKA JARAK JAUH (KASUS: PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FMIPA UNIVERSITAS TERBUKA).” [Online]. Available: http://heru-id.blogspot.com/2010/01/arti-dan-tujuan-
Mauliza and Nurhafidhah, “KESIAPAN DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM KIMIA PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM DI SMA N 1 LANGSA,” Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, vol. 2, no. 1, pp. 36–41, 2018.
“07111540000130 - Undergraduate_thesis ”.
W. Widayanti and Y. Yuberti, “Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Sebagai Media Praktikum Mahasiswa,” JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), vol. 2, no. 1, pp. 21–27, May 2018, doi: 10.30599/jipfri.v2i1.161.
Sutrisno, “PENGANTAR PEMBELAJARAN INOVATIF,” 2011.
P. H. Santoso, Y. Kurniawan, H. N. Pamungkas, and D. Suparno, “Karakterisasi Muatan Nanopartikel Silika (SiO 2 ) dengan Metode Elektroforesis,” 2021.
“DEAN’S ANALYTICAL CHEMISTRY HANDBOOK.”
M. Ridwan Harahap Program Studi Kimia and F. Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, “Elektroforesis: Analisis Elektronika Terhadap Biokimia Genetika,” vol. 2, no. 1, pp. 21–26, 2018.
H. Hassanzadeh Afrouzi, A. Moshfegh, M. Farhadi, and K. Sedighi, “Dissipative particle dynamics: Effects of thermostating schemes on nano-colloid electrophoresis,” Physica A: Statistical Mechanics and its Applications, vol. 497, pp. 285–301, May 2018, doi: 10.1016/j.physa.2018.01.017
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2467-2472
Refbacks
- There are currently no refbacks.