EDUKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTEL (INTEGRAL WHEELS) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH
Abstract
Matematika merupakan ilmu abstrak yang dapat menjadi dasar ilmu lainnya termasuk dalam aktivitas sehari-hari. Sehingga diperlukan upaya dalam memvisualisasikan pembelajaran matematika melalui media pembelajaran visual (manipulatif). Salah satu materi yang dianggap sulit dalam matematika yaitu integral. Integral memiliki struktur yang abstrak dalam penyelesaiannya karena banyak menggunakan ilmu aljabar dan trigonometri. Oleh sebab itu, perlunya penggunaan media pembelajaran manipulatif yang dapat dilihat serta diamati secara langsung untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep dan suasana belajar lebih menyenangkan. Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan edukasi tentang penggunaan media pembelajaran INTEL (Integral Wheels) yang terintegrasi dengan inovasi barcode video tutorial online sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Al-Furqan. Metode pengabdian yang digunakan yaitu: 1. Demonstrasi media pembelajaran INTEL yang diberikan kepada 17 orang siswa kelas XII IPA; 2. Mengelompokkan siswa menjadi 3 kelompok untuk menemukan konsep dan menjawab soal integral dengan menggunakan media INTEL; 3. Refleksi dan tanya jawab; 4. Evaluasi kegiatan pengabdian menggunakan instrumen angket kepuasan peserta dan mitra. Hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian media manipulatif INTEL yang menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dengan perolehan rerata sebesar 3,59 dan kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 542–548.
Arisanti, M. P., Yufrinalis, M., & Bera, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manik-Manik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 620–626.
Baiduri, Cholily, Y. M., & Ulfah, F. (2022). The Intuitive Thinking Process of High Ability Students in Mathematical Problem Solving Based on Gender. Journal of Hunan University Natural Sciences, 49(2), 1–11. https://doi.org/10.55463/issn.1674-2974.49.2.1
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47.
Fahrurrozi, F., Haliliah, H., Hayati, N., & Rastini, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Integral Siswa SMAN 2 Aikmel. LAMBDA: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(2), 27–35.
Fatmawati, M., Rif’at, M., & Sunarti, D. F. (2023). Analisis Evaluasi Pembelajaran Matematika Secara Daring. Numeracy, 10(1), 1–10.
Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis pemahaman guru sekolah menengah pertama (smp) mengenai asesmen kompetensi minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558.
Hikmah, A., Prayitno, A., & Damayanti, N. W. (2020). Penerapan Pembelajaran Outdoor Mathematics Dengan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 10–20.
Jahring, J., Herlina, H., Nasruddin, N., & Astrinasari, A. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 872–881.
Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457–1466.
Lestari, W. (2023). TEMATIK: Jurnal Konten Pendidikan Matematika Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Pembelajaran Roda Integral Pada Materi Integral. 1(1), 7–13. https://doi.org/10.55210/jkpm
Lusbiantoro, R., & Selviana, V. (2022). Pengembangan Media Manipulatif “Koordinat Riemann” Pada Materi Integral Tentu Untuk Kelas XII. EDUPEDIA, 5(2), 168–177.
Machfud, N. U. A. C., Isnaini, A. N., & Bariyyah, K. (2024). STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA. ILJ: Islamic Learning Journal, 2(3), 661–684.
Malik, F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Papan Dadu pada Materi Peluang. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 223–228.
Mariam, P., Nurhayati, Y., & Irmawan, I. (2020). Penerapan evaluasi pembelajaran berbasis hots. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(2), 171–178.
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10.
Mashuri, A., Modern Ngawi Dewi Nur Alya Syafita, S., & Modern Ngawi, S. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Melalui Bantuan Alat Peraga Roda Integral. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 130–138.
Mashuri, A., & Syafita, D. N. A. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Melalui Bantuan Alat Peraga Roda Integral. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 130–138.
Masita, M., Nurhasanah, N., & Tahir, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2363–2370.
Masruro, M., & Lestari, W. (2023). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Pembelajaran Roda Integral Pada Materi Integral. Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 1(1), 7–13.
Nimah, Z. (2022). BOLA KARET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN GERAK MANIPULATIF SISWA SD. Unnes Journal of Sport Sciences, 6(1), 52–58.
Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85–91.
Pratama, A. R., & Nilamsari, D. P. (2022). Penerapan aplikasi mathway sebagai penunjang evaluasi pembelajaran matematika pada siswa jenjang sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 157–169.
Pratama, R. (2024). Analisis Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Integral dan Turunan. Jurnal Dunia Ilmu, 4(1).
Salfia, E. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis e-modul interaktif menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi integral SMA Kelas XII. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 1(1), 12–18.
Siregar, T. M., Saragih, R. M., Wardani, A., Lumbanraja, I., & Silalahi, W. R. W. (2023). Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal integral tentu dan integral tak tentu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9).
Suliani, M., Juniati, D., & Ulfah, F. (2021). Learning Mathematics in Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Banjarmasin during the covid-19 pandemic era. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1), 012018. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012018
Sulistyaningsih, R., Wicaksono, A. G., & Mustofa, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 238–248.
Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172.
Ulfah, F., Ariyanti, I., Djamilah, S., Pendidikan Matematika, P., & Muhammadiyah Banjarmasin, U. (2024). PEMBERDAYAAN GURU MATEMATIKA DALAM MEMBUAT E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS. Journal of Character Education Society) JCES, 7(3), 281–291. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.23553
Ummah, S. K., & Azmi, R. D. (2020). Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 43–52.
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, assessment dan evaluasi dalam pembelajaran matematika. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.192-202
Refbacks
- There are currently no refbacks.