MEMBANGUN PELUANG USAHA KULINER NASI BEBEK WkWk KHAS MADURA BUMBU HITAM MELALUI KOLABORASI MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI DAN RISET GRUP PEOPLE-CENTERED INNOVATION
Abstract
Nasi Bebek WkWk bergerak di usaha kuliner, menawarkan kelezatan khas Madura bagi penggemar olahan daging bebek, ayam, dan ikan dengan sambal spesial bumbu hitam. Lokasi berada di daerah Ngoresan, Jebres Surakarta di arah pintu gerbang belakang Universitas Sebelas Maret, area tempat tinggal mahasiswa. Kualitas daging bebek ditawarkan memberikan sensasi rasa antusiasme dengan rasanya gurih dan renyah, dijual harga Rp 28.000 per porsi. Pemasaran mulut ke mulut (word of mouth marketing) dan dikelola secara efisien melalui transformasi digital. Beberapa masalah pada kuliner ini terhadap perubahan ekspektasi pelanggan dan perlu imbangi dengan inovasi dari sisi konsep usaha dan operasional. Kolaborasi antara mahasiswa Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta selaku pengelola dan dosen di Riset Grup People Centered Innovation memberikan harapan banyak hal positif. Pengelola Nasi Bebek WkWk belum pernah memetakan posisi mengenai kekuatan (Strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Analisis SWOT membantu meningkatkan keunggulan kompetitif terdapat perubahan pada lingkungan usaha. Tujuan dari pengabdian masyarakat dalam peluang usaha kuliner Nasi Bebek WkWk ini adalah melatih pemahaman para pengelola dan karyawan melalui analisis SWOT dan memastikan kelangsungan usaha untuk peningkatan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almeida, N. C., Almeida, P. J., dan Rodrigues, S. (2020). Mapping, Managing, and Crafting Sustainable Business Strategies for the Circular Economy. IGI Global Publisher, Hershey, USA.
Carbone, A. (2018). Foods and Places: Comparing Different Supply Chains. Agriculture Journal, Vol. 8 No. 1, pp. 1-18. DOI: 10.3390/agriculture8010006
Gustafsson, I-B., Öström, Å., Johansson, J., dan Mossberg, L. (2006). The Five Aspects Meal Model: a tool for developing meal services in restaurants. Journal of Foodservice, Vol. 17, pp. 84-93. DOI: 10.1111/j.1745-4506.2006.00023.x
Herdiman, L., Priadythama, I., Susmartini, S., Setyanto, R. H., dan Rochman, T. (2024). Membangun Brand Image Minuman Kesehatan Honey Lemon Silina Merupakan Hasil Kreativitas Mahasiswa Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 7 No. 6, pp. 2310-2328. DOI: 10.31604/jpm.v7i6.2310-2328
Hutchins, M. (2024). An Introduction to the TOWS matrix: Putting SWOT into action. Diakses pada 21 Oktober 2024 dari https://www.professional academy.com/blogs/an-introduction-to-the-tows-matrix-putting-swot-into-action/
Ing, P. G., Zheng Lin, N., Xu, M., dan Thurasamy, R. (2020). Customer loyalty in Sabah full-service restaurant. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 32 No. 7, pp. 1407-1429. DOI: 10.1108/APJML-07-2019-0437
Kruger, V. (2014). Balinese Food: The Traditional Cuisine & Food Culture of Bali. Tuttle Publishing, Jakarta, pp. 132-140.
Laverty, M., dan Little, C. (2020). Entrepreneurship. OpenStax, Rice University, Houston, pp. 297-354.
Metz, T. (2024). Quantitative SWOT Analysis (TO-WS) Makes it Easier & Faster to Build Consensus. Diakses pada 21 Oktober 2024 dari https://mgrush.com/blog/quantitative-swot/
Putri, D. A., Kaimuddin, dan Mas’udin, G. A. (2022). Value added and business feasibility analysis of chili sauce products in Banggae District, Majene Regency. Anjoro: Inter. Journal of Agriculture and Business, Vol. 3 No. 2, pp. 65-72. DOI: 10.31605/anjoro.v3i2.1929
Rangkuti, F. (2004). SWOT Analysis of Dissecting Business Case Techniques. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti, F. (2013). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ratnawati, K., Azzahra, N., dan Dewanta, P. P. (2023). The influence of financial literacy and financial attitude on financial management behavior: A study on culinary micro SMEs in Rawamangun Urban Village, East Jakarta City. Int. Research in Business and Social Science J., Vol. 12 No. 1, pp. 165-173. DOI: 10.20525/ijrbs.v12i1.2301
Rowe, A. J., Mason, R. O., dan Dickel, K. E. (1982). Strategic Management and Business Policy: A Methodological Approach. Addison-Wesley Publishing Co. Inc., England, United Kingdom
Singh, S. dan Sonnenburg, S. (2012). Brand Performances in Social Media. Journal of Interactive Marketing, Vol. 26 No. 4, pp. 189-197. DOI: 10.1016/j.intmar.2012.04.001
Soegoto, E. S., Amelia, N., Dhafina, N. A., dan Berlianti, W. (2021). Utilization of Word-of-Mouth Marketing Strategy in Culinary Business. Int. Journal of Research and Applied Technology, Vol. 1 No. 2, pp. 439-447. DOI: 10.34010/injuratech.v1i2
Suhairom, N., Musta’amal, A. H., Amin, N. F. M., Kamin, Y., dan Wahid, N. H. A. (2019). Quality culinary workforce competencies for sustainable career development among culinary professionals. International Journal of Hospitality Management, Vol. 81. pp. 205-220. DOI: 10.1016/j.ijhm.2019.04.010
Supranto, J. (2011). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan: Untuk menaikkan pangsa pasar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Surya, R. dan Tedjakusuma, F. (2022). Diversity of sambals, traditional Indonesian chili pastes. Ethnic Foods J., Vol. 9 No. 25, pp. 1-19. DOI: 10.1186/s42779-022-00142-7
Tamba, D. U. N dan Afriani, A. (2024). Analisis Strategi Words of Mouth melalui Booklet pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer Menggunakan Metode SWOT (Strength, Weakness, Threat, Opportunity): Studi Kasus pada Kabio Wedding. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, Vol. 5 No. 1, pp. 296-307. DOI: 10.35870/jimik.v5i1.477
Thurana, J. (2024). Analisis SWOT Perusahaan: Mencari Potensi & Keunggulan Bisnis. Diakses pada 21 Oktober 2024 dari https://www.ruangkerja.id/blog/analisis-swot-perusahaan.
Zailani, R., Nisaa, C., dan Erilantu, G. S. (2023). Training of Business Analysis Using SWOT Method in Homestay “Omahe Wong Di Ino” Bantul Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), Vol. 5, No. 1, pp. 1-12. DOI: 10.57214/pengabmas.v4i4.152
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.114-130
Refbacks
- There are currently no refbacks.