SOSIALISASI APOTEKER CILIK SISWA SD NEGERI 110/IX KELAS 5 DAN 6 DI DESA KEMINGKING DALAM KABUPATEN MUARO JAMBI

Armini Hadriyati, Nurhadisma Nurhadisma, Ginanjar Satrio, Sesqia Rahma, Ulma Sintia, Ayu Apriliya, Lara Syahila, Amellia Pratiwi

Abstract


Penggunaan obat khususnya kepada anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus karena tidak semua anak mampu meminum obat ketika sedang sakit. Di samping itu di masa anak-anak memang perlu mendapatkan banyak informasi tentang berbagai profesi agar dapat menambah pengetahuan dan memancing semangat belajar. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah pelatihan apoteker cilik kepada siswa SD di desa kemingking dalam, yang mana tujuannya untuk mengenalkan profesi apoteker sebagai salah satu tenaga kesehatan dan sumber informasi obat serta memberikan pelatihan keterampilan dan edukasi tentang penggunaan obat yang tepat. Pelatihan ini dilakukan pada siswa SD kelas 5 dan 6 di desa kemingking dalam. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 8 mahasiswa S1 Farmasi yang diwali dengan penjelasan di kelas. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Colour Both yang dalam hal ini mengajarkan siswa bahwa betapa pentingnya mencuci tangan yang benar dan pentingnya menyikat gigi yang benar sambil mengajak anak-anak bermain game menempelkan tangan ke warna lalu di cap ke papan yang disediakan mahasiswa S1 Farmasi. Dan diakhir acara mereka menyampaikan bahwa betapa pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar serta menyikat gigi yang benar agar gigi tidak mudah rusak.


Keywords


Apoteker Cilik, Pelatihan, Siswa SD.

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2018. Paradigma Sosialisasi dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak.

Devi, R. O dan Muhtaromah, A. 2019. Pelatihan Apoteker Cilik Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Penggunaan Obat yang Tepat di Lamongan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.9-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.