INOVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PRODUK ROTI MARYAM: STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KELURAHAN KEDUNGKANDANG, MALANG
Abstract
Usaha kecil industri rumah tangga roti maryam merupakan produk UMKM yang dikembangkan untuk meningkatkan produktifitas ekonomi masyarkat menengah dan meningkatkan kesejehteraan masyarkat dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional. Usaha kecil roti maryam berbahan dasar tepung terigu adalah usaha milik Ibu Irfin Ainunita, yang kemudian diberi nama usaha “roti maryam irfin”, berlokasi di Jl. KH. Hasyim, Rt: 010, Rw:003 Kelurahan Kedungkandang Kabupaten Malang. Dari hasil observasi ditemukan beberapa kendala yang dihadapi antara lain : tidak mempunyai alat pengaduk adonan roti maryam yang menyebabkan produk roti maryam masih menggunakan alat manual; produk roti maryam belum dilakukan pengemasan dan pemberian label yang bagus dan menarik, begitu juga dengan manajemen keuangannya yang belum terdokumentasikan dengan rapi serta kualitas kehigienisan produk belum terjaga. Kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha roti maryam tersebut dapat diselesaikan dengan solusi yang diberikan melalui kegiatan pengabdian yang berupa pelatihan dan pendampingan dalam hal peningkatan kualitas produksi, pembuatan sistem keungan yang rapi, dan analisis kebutuh pasar.. Metode pengabdian dalam hal ini yaitu dengan mengadakan observasi awal, identifikasi masalah, pemberian solusi melalui pelatihan dan pendampingan, serta pengembangan inovasi alat berbasis teknologi guna meningkatkan hasil produksi. Hasil pengabdian ini adalah pendampingan dan pelatihan peningkatan produksi dan inovasi alat berbasih IPTEK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, Hardani, et al. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. no. March, 2020.
Dewi, Dessy Kumala, et al. Inovasi Produk Dan Layanan Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Umkm Roti Maryam Syamil Lurah. 2022.
Husein, Firdaus, et al. PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET SEHAT DI KELOMPOK KABUPATEN LAMANDAU. 2024, pp. 2849–56.
Imron, Ali, and Muhammad Syafa’at. “Revitalisasi Home Industry Berbasis Modal Sosial Sebagai Strategi Ketahanan Ekonomi Menghadapi Pandemi Covid-19.” Prosiding Nasional Covid-19, 2020, pp. 97–101, https://ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19/article/view/45.
Maduretno, T. W., and L. Fajri. “The Effect of Optimization Learning Resource Based on Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) on Contextual Learning to Students’ Conceptual Understanding of Motion and Force Material.” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1171, no. 1, 2019, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012012.
Nugroho, Yusuf, et al. UPAYA MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIP DENGAN BUMBU RENDANG : PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA RAJAMANDALA KULON. no. 80, 2024, pp. 2928–33.
Nurhayati, Novi, et al. Optimasi Produksi Usaha Keripik Singkong Dan Keripik Usus Ayam Optimization of Business Production of Cassava Chips and Chicken Intestine Chips. pp. 33–42.
Nuriyanti, Ika, and Anita Rahmawati. “Roti Maryam Berbahan Dasar ‘Tepung Terigu’ Di Desa Mulyoagung Dukuh Jetis Kecamatan Dau Kabupaten Malang.” Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 62–68, https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1303.
Paat, Frangky J. Manajemen Pemasaran. no. July, 2022.
Rumbianingrum, Wahyu, and Candra Wijayangka. “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis, vol. 2, no. 3, 2018, pp. 155–65.
Saluza, Imelda, et al. PRODUK PADA KELOMPOK USAHA KERIPIK DI KELURAHAN 13 ULU PALEMBANG Tim Program Kemandirian Masyarakat Keripik Singkong Raja Keripik ( RK ), Mitra Dapat Menghasilkan 10 Kilogram Singkong Kembali Ke Pembeli Dengan Harga Dibumbui , Singkong Yang Dipilih Untuk Tidak Lempur Dan Memiliki Kulit Singkong , Direndam Di Dalam Air Bersih , Digoreng . Setelah Itu , Ditiriskan Selama Renyah Saat Dimakan Dan Tidak Lebih Dalam Kemasan Plastik . Dalam Proses Pemasarannya , Konvensional Dan Produk Yang Dia Buat Membantu Mitra Memahami Pengetahuan Dan Keterampilan Sehingga Memanfaatkan Inovasi Teknologi Dan Yang Dilakukan Antara Tim Dan Mitra Untuk Memberi Tahu Mitra Tentang Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Untuk Mengiklankan Produk Mereka , Menjangkau Lebih Banyak Konsumen . Tim Menciptakan Profil Variasi Produk , Seperti Keripik Yang Tim Pelaksana PKM Di Bawah Naungan Universitas Indo Global Mandiri , Yang Terdiri Dari Tiga Dosen Dan RK Untuk Melakukan Kegiatan Seperti Pelatihan , Workshop , Dan Pembinaan . Diagram Alir Berikut Menunjukkan. 2024, pp. 2799–805.
Sinta, Vovi, et al. “Sosialisasi Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Home Industri Di Desa Mergotentrem Kabupaten Oku Timur (Socialization of E-Commerce Based Marketing for Home Industries in Mergotentrem Village, East Oku District).” Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , vol. 3, no. 4, 2023, pp. 247–55, https://doi.org/10.35912/yumary.v3i4.2160.
Tuntang, B. S. M. P. Negeri, et al. 3 1,2,3. no. 1, 2023, pp. 89–96.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5064-5073
Refbacks
- There are currently no refbacks.