PREVENTION AND HANDLING OF BULLYING IN EDUCATIONAL ENVIRONMENTS

Adi Gunawan, Achmad Rifai, Febrina Heryanti, Khoirul Umam, Citra Siwi Hanayanti, Sapto Wahyono, Arief Maulana, Izet Alfian Fatahillah

Abstract


Tindakan kekerasan dalam pelaksanaan pendidikan dan penegakan disiplin suatu lembaga pendidikan kerap terjadi diberbagai daerah di Indonesia bahkan dunia Internasional. Pemerintah selalu mengkapanyekan dan menangani kondisi ini secara serius guna menciptakan suasana kondusif sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai oleh semua anak didik. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan lembaga Pesantren Al-Amien Prenduan, Kabupaten Sumenep Madura, program ini yang dilakasanakan oleh Tim pengabdian Fakultas Hukum Universitas Madura sebagai implementasi Tridharma perguruan tinggi yang didukung sepenuhnya oleh LPPM Universitas Madura. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan, mulai dari survey lokasi, interview dengan pengurus dan pimpinan pesantren, penjajakan kondisi dan pengetahuan santri pengurus, penyuluhan hukum dan pembentukan tim Anti Bullying. Secara keseluruhan kegiatan sudah terlaksana dengan baik dan mendapat antusias tinggi dari semua kalangan pesantren.


Keywords


Bullying, Pesantren, Pengabdian

Full Text:

PDF

References


Alfian, A. (2021). Merdeka Belajar (Pesantren Dan Kemadirian Santri Al-Amien Prenduan). Dirosat : Journal of Islamic Studies, 5(1). https://doi.org/10.28944/dirosat.v5i1.513

Kharis Syuhud Mujahada. (2022). 2022, Kepemimpinan Pesantren, dalam menghadapi arus global, Academica publication, Lamongan JATIM, H. 18). Academica Publication.

Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751

Gunawan, A. (2019). MENCARI KEADILAN SENGKETA HARTA GONO-GINI (Telaah Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif). Jurnal Yustitia, 18(1), 81–88. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/yustitia/article/view/207/169

Gunawan, A., Heryanti, F., Hukum, F., & Madura, U. (2024). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(7), 382–391.

Irwanto. (2022). peristiwa/catatan-kekerasan-di-pondok-pesantren-kln.html). Merdeka.Com. Sunday, September 11, 2022 10:31 Https://Www.Merdeka.Com.

Jamaludin, A., & Prayuti, Y. (2022). Model Pencegahan Kejahatan Seksual Di Lembaga Pendidikan Pesantren. Res Nullius Law Journal, 4(2), 161–169. https://doi.org/10.34010/rnlj.v4i2.6861

Kholifah, A. (2022). Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2811

Majid, N. (2022). Analisis kriminologi terhadap kekerasan anak di lingkungan pesantren perspektif hukum islam. Jurnal Risalah Addariya, 3157, 1–10.

Muali, C., Wibowo, A., Gunawan, Z., & Hamimah, I. (2020). Tantangan Pendidikan Pesantren Dalam Membina Karakter Santri Milenial. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/225

Musfah, J. (n.d.). Preventing Islamic Boarding School Violence.

Nurdiana, S., Dewi Pertiwi, F., & Dwimawati, E. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengalaman Bullying Di Smk Negeri 2 Bogor Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Promotor, 3(6), 605–613. https://doi.org/10.32832/pro.v3i6.5567

Sadali. (2020). Eksisntensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4773-4781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.