PENDAMPINGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN TEST GRAMMAIRE DELF A1 BERBASIS GOOGLE SITES BAGI GURU MGMP BAHASA PRANCIS DI KOTA BINJAI
Abstract
Program ini dianggap penting karena tuntutan pendidikan modern yang mensyaratkan digitalisasi pendidikan. Selain itu dunia Pendidikan saat ini dituntut dengan kemampuan pengajaran maupun keterampilan seperti berfikir kritis, berkolaborasi, komunikasi,kreativitas maupun problem solving. Pembelajaran di era Covid-19 merupakan sebuah tantangan yang sangat berat dimana mahasiswa dan dosen harus bisa tetap melaksanakan pengajaran dalam jarak jauh, penggunaan Handphone dan komputer yang dilengkapi dengan Platform pembelajaran adalah salah satu cara pembelajaran jarak jauh yang paling unggul digunakan.program. Metode yang digunakan pada program ini adalah pelatihan terstruktur, yang diawali dengan pelatihan penyusunan materi ajar, pelatihan pembuatan soal soal grammaire DELF A1 ,pelatihan penggunaan google sites dalam membuat Instrumen test grammaire DELF A 1, dan pelatihan menerapkan pembelajaran menggunakan google sites. Untuk mendukung kegiatan tersebut, dikembangkan google sites bagi Guru MGMP Bahasa Prancis di kota binjai.Kegiatan ini memberi dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan guru dalam membuat soal soal grammaire DELF A1 yang diperkaya dengan kemampuan menggunakan google sites dan manajemen pembelajaran di kelas sehingga suasana pembelajaran lebih kolaboratif, kritis, komunikatif, kreatif, dan menyenangkan. Hal tersebut tampak dari respon sangat positif yang diberikan guru terhadap kegiatan ini. Oleh sebab itu pendampingan pembuatan Instrumen test grammaire DELF A 1 MGMP Bahasa Prancis dikota Binjai sangat penting untuk diperluas penggunaannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
CECRL. 2001. Cadre Europeen Commun De Reference Pour Les Langues : Apprendre, Enseigner, Evaluer. Conseil de l’Europe : Strasbourg.
Fleck, James. (2012). “Blended learning and learning communities: opportunities and challenges”, Journal of Management Develipment, Vol. 31 Issue: 5, pp.442-455.
Ghofur, A., Andi Wete Polili, Rabiah Adawi, & Ilham Pratama. (2020). Production Orale Niveau A-1. Medan: CV Kencana Emas Sejahtera.
Ghofur, A., Andi Wete Polili & Ria Fuji Destiara. (2021). Metodologi Penelitian Berorientasi pada Outcomes Based Education. Medan: CV Kencana Emas Sejahtera.
Gift RAA, Obindah F (2020). Examining the influence of motivation on organizational productivity in Bayelsa state private hospitals. Open Access J Sci. 2020;4(3):94‒108. DOI: 10.15406/oajs.2020.04.00157
Gloria Brown Wright, 2011. Student-Centered Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. http://www.isetl.org/ijtlhe.
Harsanto, 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. E-book : Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3530-3536
Refbacks
- There are currently no refbacks.