PENGUATAN KAPASITAS ANGGOTA KARANG TARUNA DALAM BIDANG PROMOSI UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA
Abstract
Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat menuntut adanya keterlibatan masyarakat dan upaya promosi yang kreatif dan masif. Artikel ini akan menggambarkan penguatan kapasitas anggota karang taruna dalam penggunaaan media sosial untuk promosi dalam rangka pengembangan desa wisata di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Penguatan kapasitas dilakukan menggunakan metode workshop yang ditindaklanjuti dengan video challenge. Materi yang disampaikan dalam workshop tersebut meliputi konsep tentang media sosial, perencanaan media sosial, dan praktik video promosi. Peserta workshop adalah para pemuda aggota karang taruna RW yang dianggap lebih memahami penggunaan media sosial.
Proses workshop menunjukkan bahwa para pemuda anggota karang taruna dapat memahami materi tentang media sosial karena mereka sudah mengenal dan menjadi pengguna media sosial. Materi perencanaan media sosial dapat memberikan wawasan dan keterampilan tentang merencanakan penggunaan media sosial agar dapat mencapai hasil yang baik. Diskusi mengenai media sosial dan perencanaan media sosial berjalan interaktif mengingat para peserta memliki pengalaman yang berbeda-beda dalam menggunakan media sosial. Pada praktik video promosi para peserta dapat membuat video promosi desa wisata Lamajang yang diunggah pada aplikasi tiktok dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaskin, Robert J., Prudence Brown, Sudhir Venkatesh, Avis Vidal. (2001). Building Community Capacity (Modern Applications of Social Work). Walter de Gruyter,Inc., New York
El Fikri, M., Pane, D. N., Siregar, N. 2019. Memasarkan Objek Pariwisata Kota Medan melalui Media Sosial untuk Menaikkan Minat Kunjungan dan Menghapus Paradigma Negatif, Jurnal Manajemen Tools, Vol 11 (2), 69-79Gary L. Bowen PhD , James A. Martin PhD , Jay A. Mancini PhD & John P. Nelson PhD. (2000). Community Capacity, Journal of Community Practice, 8:2, 1-21,
Moscardo, Gianna. 2008. Building community capacity for tourism development. Biddles Ltd, King’s Lynn
Okazaki, E. 2008. A community-based tourism model: Its conception and use. Journal of sustainable tourism, 16(5), 511-529
Sharpley, R. (2000) Tourism and sustainable development: Exploring the theoretical divide. Journal of Sustainable Tourism Journal of Sustainable Tourism, 8, 1-19.
Retnasary, M., Setiawati, S.D., Fitriawati, D., Anggara, R. 2019. Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata, Jurnal Kajian Pariwisata, Vol 1 (1), 76-83
Romadhan, M.I., Rusmana, D.S.A. 2017. Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat, Prosiding Seminar dan Call For Paper 20-21 Oktober 2017, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo - Indonesia i
Yohanna, L; Insana, M; Rorin, D; Endang, S. (2016). Upaya Peningkatan Usaha Masyarakat Melalui Pengurusan Perizinan Usaha dan Merek, Surya: Jurnal Seri Pengabdian kepada Masyarakat, 2 (1). pp. 73-77.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2462-2470
Refbacks
- There are currently no refbacks.